Dark/Light Mode

FIF Group Gelontorkan Dana Bergulir Rp 846,5 Juta

Minggu, 7 Februari 2021 15:48 WIB
FIF Group menyerahkan dana bergulir untuk 31 UMKM (Foto: Dok. FIF Group)
FIF Group menyerahkan dana bergulir untuk 31 UMKM (Foto: Dok. FIF Group)

 Sebelumnya 
"Tujuan disalurkannya dana pinjaman tersebut kepada mereka yang mempunyai motivasi tinggi untuk maju. Sehingga kami juga merasa aman, senang dan bahagia melihat perkembangan UMKM tersebut,” imbuhnya dalam keterangan, Minggu (7/2). 

Kunci sukses lain dalam pembinaan UMKM ini, ungkap Esther, adalah hasil dari koordinasi yang baik dari pihak ketiga, yaitu Pemerintahan Daerah atau Perangkat Desa mulai dari Rukun Tetangga (RT), Rukun Warga (RW), Kelurahan dan Kecamatan. 

Baca juga : FIFGroup Sebar Hadiah Dan Promo Di 7 Kota Besar

Ia juga menegaskan, dana bergulir merupakan salah satu solusi bagi mereka yang kesulitan modal untuk meningkatkan kemampuan usahanya. Karena itu, pihaknya memberikan bantuan pinjaman tanpa bunga. Nilai pinjaman yang diberikan berkisar antara Rp 1-20 juta.

Suyanti Lelonowati, pengusaha daur ulang keong dari Batam, mengatakan sangat puas dengan pinjaman UMKM FIF Group. “Ketika saya mendapat pinjaman ini, rasanya sungguh luar biasa. Apalagi, pinjaman ini tidak ada bunga, jadi saya semakin semangat,” ucap Suyanti yang mendapat pinjaman dana bergulir FIF Group pada 2019 dan 2020. 

Baca juga : LPDB-KUMKM Sukses Salurkan Dana Bergulir Rp 12 Triliun

Salah satu penerima dana pinjaman UMKM yang relatif besar adalah Sridadi, asal Solo. Beliau adalah penggiat UMKM dengan usaha lumbung desa dan penggilingan padi, yang mendapat dana sampai Rp 18 juta. “Alhamdulilah. Dana tersebut bisa untuk beli gabah dan beras. Saya merasa senang karena ekonomi bisa berkembang di desa kami," ceritanya.

Ia bersyukur karena selama pandemi tidak ada kendala, malah ia dipercaya menjadi supplier pengadaan beras Badan Pengawas dan Sertifikasi Benih (BPSP) selama 6 bulan. "Per bulan saya menyuplai 4.500 kg beras. Untuk tenaga kerja, saya melibatkan anggota kami yang kurang mampu. Sehingga ada tambah penghasilan dan bisa mengurangi pengangguran di lingkungan," tuturnya. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.