Dark/Light Mode

Upaya Sejahterakan Petani

BNI Kebut Salurkan Kartu Tani Di Jatim

Jumat, 19 Februari 2021 23:10 WIB
Ilustrasi (Foto: Istimewa)
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk melakukan percepatan untuk mengakselerasi penyaluran kartu tani, khususnya di Wilayah Jawa Timur (Jatim). Antara lain dengan percepatan akurasi data elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (e-RDKK) dan otomasi pencetakan kartu tani.

"Sebagai salah satu bank milik negara, BNI dipercaya membantu dan mendorong kesejahteraan para petani. Dengan menggelar workshop percepatan pengelolaan kartu tani di Wilayah Jawa Timur Tahun 2021," ujar Direktur Hubungan Kelembagaan BNI, Sis Apik dalam keterangan, Jumat (19/2).

Langkah ini, lanjut Sis, merupakan bentuk dukungan BNI terhadap program Ketahanan Pangan di Indonesia, khususnya di wilayah Jawa Timur. Untuk itu, BNI berkomitmen mendukung penuh implementasi program kartu tani di Jawa Timur.

"Key Success dalam rangka mendukung percepatan dan keberhasilan Program Kartu Tani, diperlukan kerja sama intens di seluruh stakeholder yang terlibat. Sehingga kendala yang terjadi di lapangan dapat terselesaikan dengan baik," tuturnya.

Melalui workshop ini, ia berharap, dapat merumuskan segala isu yang terjadi di lapangan. Dalam kaitannya untuk proses distribusi kartu tani dan merumuskan program solusi. Sehingga distribusi kartu tani di wilayah Jawa Timur dapat dilakukan secara optimal.

Selain itu, BNI juga akan terus mendukung kesejahteraan petani melalui realisasi penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR). Di mana selama 2020, BNI telah menyalurkan KUR Rp 21,26 triliun, dengan menyentuh 239.527 penerima KUR di seluruh Indonesia. 

Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak mengatakan, program kartu tani ini bukan hanya sebagai financial solution, namun juga menjadi risk management solution. "Harapannya, Jawa timur pelan-pelan dari masyarakat strata paling kecil sudah memiliki financial solution," ucapnya. [DWI]

Baca juga : BNI Sempurnakan Pengelolaan Kartu Tani 2021

RM.id  Rakyat Merdeka -  

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.