Dark/Light Mode

Antisipasi Banjir, Jababeka Siagakan Satgas Khusus

Senin, 22 Februari 2021 07:28 WIB
Jababeka menyalurkan sejumlah bantuan bahan pokok kepada warga yang terdampak musibah banjir. (Foto: ist)
Jababeka menyalurkan sejumlah bantuan bahan pokok kepada warga yang terdampak musibah banjir. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Curah hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi di Kabupaten Bekasi sejak Kamis (18/2) malam hingga Minggu (21/2) membuat sebagian kawasan Jababeka Cikarang ikut tergenang. Namun, sebagian besar lokasi relatif aman.

Berdasarkan laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat, banjir yang melanda kawasan kabupaten Bekasi ini disebabkan oleh curah hujan yang sangat tinggi selama 3 hari kebelakang. Jumlah curah hujan yang tinggi ini pun meningkatkan debit air di sejumlah sungai yang melintas di kabupaten Bekasi, seperti Sungai Cijambe, Sungai Sadang, Sungai Bekasi, Sungai Cibeet, Sungai Cilemahabang, sungai Cipegadungan dan Sungai Citarum. 

Ketua Pelaksana Water Management Jababeka, Waryoto mengatakan, turut prihatin akan kondisi di mana beberapa titik area tertentu di kawasan industri Jababeka tahap 2 dan residensial tergenang akibat luapan air sungai yang melintas di sebagian kawasan Jababeka.

Baca juga : Banjir Bekasi, Menteri PUPR Siapkan Langkah Ini...

“Kami himbau untuk meningkatkan kewaspadaan dan dukungan seluruh warga untuk menghadapi kemungkinan yang ada,” ujarnya dalam keterangannya, Senin (22/2).

Selain itu, PT Jababeka Tbk telah mengerahkan gugus satuan tugas khusus guna menanggulangi banjir susulan yang mungkin terjadi di tengah puncak musim penghujan kali ini. Tim water management Jababeka telah dikerahkan sejak September 2020, guna mengendalikan serta memonitor arus air di sejumlah titik.

“Kami akan memberikan update secara periodik kepada warga terkait kondisi lapangan dan informasi yang kami dapatkan dari pemerintah daerah kabupaten Bekasi,” beber Waryoto. 

Baca juga : Tuntaskan Masalah Banjir, Pemda Jabodetabek Harus Bersinergi

Selain itu, Tim Water Management Jababeka telah mengoperasikan sejumlah pompa air berkapasitas tinggi guna menaggulangi sejumlah kawasan yang tergenang.

General Manager Corporate Marketing Jababeka, Eric Limansantoso mengatakan, pihaknya telah membentuk tim emergency repsonse Jababeka yang siap membantu warga Jababeka apabila membutuhkan evakuasi dan pengiriman logistik di lapangan. Jababeka juga telah mempersiapkan sejumlah perahu karet di seluruh kawasan yang dapat dimanfaatkan oleh warga.

Tak hanya itu, Jababeka juga telah menyediakan sejumlah titik evakuasi dan posko banjir di kawasan Jababeka yakni di Water Treatment Plant 1, Water Treatment Plant 2, perempatan Pecenongan, Jembatan Blok MM dan perempatan APL Kawasan Industri Jababeka 3.  

Baca juga : Jakarta Banjir, TransJakarta Hentikan Sementara Operasional Koridor

Menurut Eric, Jababeka juga telah menyalurkan sejumlah bantuan bahan pokok kepada warga yang terdampak musibah banjir. Bantuan ini tak hanya datang dari Jababeka namun berasal juga dari sejumlah donatur, Pemerintah Daerah, tenant Jababeka serta warga sekitar.

Jababeka juga terus melakukan koordinasi dan kerja sama dengan berbagai pihak termasuk bantuan aparat Kepolisian, TNI, BPBD dan Pemda serta anggota DPRD Kabupaten Bekasi dan Perseroan serta terus menyiagakan satgas khusus 24 jam untuk mengantisipasi dan menanggulangi musibah banjir.

“Kami juga telah melakukan peninjauan ke lapangan dan evaluasi untuk upaya pencegahan dan antisipasi ke depan” Papar Vega Violetta, Head of Tenant Relation Jababeka. Dirinya juga berharap musibah banjir kali ini dapat berlalu dan kembali seperti sediakala. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.