Dark/Light Mode

Kerek Bisnis Kargo, Angkasa Pura l Gandeng Pengusaha Logistik

Selasa, 2 Maret 2021 14:21 WIB
Direktur Pengembangan Usaha Angkasa Pura I Dendi T. Danianto dan Ketua Umum ALFI Yukki Nugrahawan seusai menandatangani perjanjian di Kantor Pusat Angkasa Pura I, Kemayoran, Jakarta, Senin (1/3). (Foto: Dok. AP I)
Direktur Pengembangan Usaha Angkasa Pura I Dendi T. Danianto dan Ketua Umum ALFI Yukki Nugrahawan seusai menandatangani perjanjian di Kantor Pusat Angkasa Pura I, Kemayoran, Jakarta, Senin (1/3). (Foto: Dok. AP I)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Angkasa Pura I (Persero) menggandeng Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) untuk meningkatkan layanan kargo dan logistik di seluruh bandara yang dikelolanya.

Hal itu terwujud usai dilakukannya penandatanganan kerjasama oleh Direktur Pengembangan Usaha Angkasa Pura I Dendi T. Danianto dengan Ketua Umum ALFI Yukki Nugrahawan, di Kantor Pusat Angkasa Pura I, Kemayoran, Jakarta, Senin (1/3).

Baca juga : 3 Bandara Angkasa Pura ll Dinobatkan Paling Bersih Se-Asia Pasifik

Direktur Pengembangan Usaha Angkasa Pura I Dendi T Danianto mengatakan, kerja sama ini merupakan wujud kolaborasi perusahaan dengan stakeholder kunci di sektor logistik. Tujuannya untuk turut mengakselerasi penerapan ekosistem logistik nasional.

"Pada era yang makin kompleks dan serba tidak pasti ini, kolaborasi menjadi hal yang mutlak dilakukan dibanding kompetisi," katanya dalam keterangan resminya, Selasa (2/3).

Baca juga : Keren, Tiap Jam, Ada 9 Orang Menjadi BRILink

Menurut Dendi, kolaborasi ini juga merupakan upaya untuk mendukung strategi peningkatan pendapatan Angkasa Pura I khususnya pada area bisnis logistik dan kargo.

Di masa pandemi, kinerja trafik kargo tahun 2020 dibanding 2019 di bandara Angkasa Pura I masih bisa tumbuh tipis 2,09 persen dibanding dengan trafik penumpang dan pesawat yang memang turun drastis.

Baca juga : Ini Cara Pemprov DKI Tangani Pengungsi Banjir Positif Covid-19

Untuk menjaga dan memanfaatkan pertumbuhan trafik kargo yang pada 2021 diprediksi tumbuh tipis 2,1 persen menjadi sekitar 445.300 ton kerjasama ini dilakukan. “Diharapkan kolaborasi ini dapat mendukung rencana pengoptimalan bisnis kargo perusahaan dalam jangka pendek dan menengah,” ujarnya.

Adapun ruang lingkup kerjasama ini mencakup lima bidang. Pertama, perlindungan keamanan terhadap pengguna layanan kargo udara yang dikelola oleh Angkasa Pura I. Kedua, peningkatan service level agreement(SLA), key performance index (KPI), dan kompetensi sumber daya manusia (SDM) yang menangani kargo dan logistik di bandara Angkasa Pura I. Ketiga, standarisasi pelayanan penanganan kargo dan logistik di bandara Angkasa Pura I.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.