Dark/Light Mode

Bangkitkan Ekonomi Syariah

Menteri Erick Gandeng Pengusaha Papan Atas

Senin, 1 Februari 2021 07:07 WIB
Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Erick Thohir. (Foto: Dok. Kementerian BUMN)
Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Erick Thohir. (Foto: Dok. Kementerian BUMN)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Erick Thohir menyiapkan 4 program utama dalam pengembangan ekonomi keumatan. Salah satunya, meningkatkan pasar industri halal di dalam dan luar negeri.

Untuk merealisasikan program kerja tersebut, Erick menggandeng sejumlah pengusaha konvensional alias non syariah masuk di dalam kepengurusan pusat MES. Mereka semua pengusaha papan atas yang selama ini sudah dikenal publik, antara lain, bos Indika Energi Arsjad Rasjid, Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Roeslan P Roeslani, dan Chief Executive Officer (CEO) ABM Investama Rachmat Mulyana dalam struktur Dewan Penyantun.

Baca juga : Iconomics Award 2021, OJK Akui Ekonomi Syariah Di Indonesia Berkembang Pesat

Selain itu, ada juga nama putra taipan pemilik Djarum Group Robert Budi Hartono, Martin Hartono, Arini (Ninin) Subianto, dan Farhat Brachma.

Untuk jajaran pengurus harian, Erick memasukkan nama Teten Masduki, Muhammad Lutfi, dan Bahlil Lahadalia sebagai Wakil Ketua Umum. Jabatan Sekjen MES dijabat Iggi H. Achsien, dan Bendahara Umum diisi oleh Hery Gunardi, kandidat Dirut Bank Syariah Indonesia.

Baca juga : Mandiri Syariah Transformasi Desa Candi Binangun Jadi Desa BSM

Adapun dalam Rancangan Badan Pengurus Harian MES yang akan membantu Erick sebagai Ketua Umum terdiri dari 3 Wakil Ketua Umum, 1 orang Sekretaris Jenderal, 1 Bendahara Umum, 7 Ketua, 7 Sekretaris, 7 bendahara dan 4 koordinator wilayah. Sementara, dalam jajaran komite akan ada perampingan, dari sebelumnya 25 komite hanya menjadi 20 komite.

Untuk jajaran dewan, Erick mengubahnya. Dewan Pembina dan Dewan Pakar yang sudah ada dalam periode sebelumnya, akan diperkuat dengan Dewan Penggerak dan Dewan Penyantun, yang juga akan diisi para tokoh yang memiliki kepedulian, semangat juang, dan komitmen di ekonomi Syariah.

Baca juga : Mendag: Kita Sedang Tergopoh-gopoh

Erick mengatakan, dirinya merekrut orang-orang itu karena dia ingin MES diisi sosok berpengalaman serta memiliki komitmen yang kuat dalam pengembangan ekonomi dan keuangan Syariah.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.