Dark/Light Mode

Mantul! Penjualan Produk Kecantikan Lokal Di Tokopedia Meroket

Rabu, 3 Maret 2021 21:01 WIB
Raditya Banyu (kanan) dan Almas Hudiya pemilik usaha produk kecantikan Maska Indonesia. (Foto: ist)
Raditya Banyu (kanan) dan Almas Hudiya pemilik usaha produk kecantikan Maska Indonesia. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Platform penjualan online, Tokopedia mencatat peningkatan transaksi pada kategori kecantikan mencapai hampir dua kali lipat menjelang akhir 2020 lalu.

Tingginya antusiasme tersebut melatarbelakangi kehadiran kampanye Tokopedia Beauty Dealight yang berlangsung hingga 5 Maret 2021, yang juga merupakan panggung bagi pegiat usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) lokal di industri kecantikan.

“Kampanye ini adalah upaya Tokopedia untuk #SelaluAdaSelaluBisa mempermudah masyarakat mendapatkan berbagai kebutuhan termasuk produk kecantikan,” jelas Assistant Vice President of Category Development for FMCG & Long Tail Categories Tokopedia Jessica Stephanie Jap, Rabu (3/3).

Baca juga : Hore, Produk UKM Smesco Sekarang Bisa Mejeng Di Apotek Kimia Farma

Melalui Tokopedia Beauty Dealight juga, masyarakat bisa mengakses lebih dari 100 merek produk kecantikan berkualitas, terutama dari pegiat usaha lokal.

Dua merek lokal yang mencatat pertumbuhan penjualan di antaranya, Maska Indonesia. Usaha ini didirikan Raditya Banyu dan Almas Hudiya pada 2019. Mereka menawarkan sederet produk skincare berbahan alami.

“Selama pandemi, mengingat masyarakat lebih banyak di rumah, penjualan produk kami di justru mengalami peningkatan signifikan,” ujar Raditya.

Baca juga : MPL Makin Gencar Promosikan Esports Di Indonesia

“Selain membuat produk kami semakin dikenal, berbagai kampanye dan fitur TopAds di Tokopedia juga membantu mendorong peningkatan transaksi hampir 2 kali lipat pada September 2020 lalu jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya,” sambung Almas.

Selanjutnya, Gentle Hour, bisnis produk pembersih wajah asli lokal yang didirikan oleh Jeldine Madjukie, Joyce Arta dan Revata Pingkan pada Agustus 2020. Sejak awal, Gentle Hour memanfaatkan platform digital yang memberikan kontribusi signifikan bagi penjualan.

“Tokopedia membantu kami menjangkau pelanggan lebih jauh bahkan hingga ke Papua. Bahkan kehadiran berbagai kampanyenya membuat Gentle Hour semakin dikenal di masyarakat sekaligus meningkatkan penjualan kami menjadi 13 kali lipat,” terang Joyce.

Baca juga : Sandiaga Kembangkan Ekowisata Pada Destinasi Pariwisata Prioritas

Mereka melihat penjualan melalui platform online selain mampu memenuhi pasar online, pihaknya juga mengaku bisa terus melakukan upaya inovasi terhadap produknya. “Salah satunya dengan meluncurkan dua produk baru Gentle Hour yang bisa didapatkan secara eksklusif di Tokopedia,” tambah Revata.

Beauty Influencer Affi Assegaf mengatakan bangga dengan kualitas dari produk kecantikan lokal yang semakin bagus. Penjualan produk perawatan kecantikan ini menandakan tingginya permintaan produk lokal di sektor kecantikan.

“Sehingga ini membuat pegiat usaha skincare lokal berlomba menawarkan produk berkualitas yang tidak kalah saing dengan produk asing,” tandas sang selebgram. [MER]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.