Dark/Light Mode

MPL Makin Gencar Promosikan Esports Di Indonesia

Selasa, 2 Maret 2021 20:59 WIB
Ilustrasi Mobile Premier League (MPL). (Foto: Istimewa)
Ilustrasi Mobile Premier League (MPL). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Mobile Premier League (MPL), platform esports dan mobile gaming terbesar di Asia baru saja berhasil menggalang pendanaan Seri D senilai 95 juta dolar yang dipimpin oleh Composite Capital dan Moore Strategic Ventures.

Pendanaan baru ini akan digunakan MPL Indonesia untuk membangun brand awareness secara agresif mengingat platform yang masih cukup baru di industri gaming di Indonesia.

MPL  juga ingin mengedukasi pasar mengenai keunikan proposisi kami dimana memungkinkan game menjadi kegiatan yang produktif dan bagaimana pemain dapat berkompetisi secara sportif dalam bermain game dan mendapatkan hadiah.

Berita Terkait : ShopeePay Perluas Promo Cashback Di Seluruh Indonesia

"Harapan kami MPL dapat berkontribusi lebih banyak lagi dalam mengembangkan ekosistem e-sport di Indonesia,” jelas Country Head, MPL Indonesia Ridzki Syahputera, di.Jakarta, Selasa (2/3).

Ia mengatakan beberapa tahun terakhir ini mobile gaming dan e-sport berkembang pesat di Indonesia.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabinet (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan e-sport di Indonesia terus berkembang dan bertumbuh dengan angka mencapai Rp 13 triliun. Sementara populasi pengguna online mencapai 52,6 juta orang dan jumlah gamers mencapai 34 juta pemain.

Berita Terkait : MUI Apresiasi Presiden, Batalkan Lampiran Aturan Izin Investasi Miras

Ia mengatakan besarnya peningkatan ini juga berdampak pada platform gaming berbasis skill seperti MPL yang kini memiliki kurang lebih 3,5 juta pemain di Indonesia.

Seperti seorang atlet olahraga pada umumnya, atlet e-sport juga perlu berlatih secara rutin dan mengikuti ajang kompetisi untuk menguji perkembangan kemampuan mereka.

Ridzki mengatakan sekarang kesempatan menjadi atlet e-sport semakin terbuka melalui MPL. Semua dapat dilakukan di dalam platform MPL, dari mulai memilih game yang mereka minati dan berlatih untuk mengasah ketangkasan secara rutin.

Berita Terkait : Setahun Buron, KPK Yakin Harun Masiku Masih di Indonesia

Platform MPL menyelenggarakan sebanyak 1400 turnamen setiap harinya, seperti Master Skor, Dua Pilar dan Makin Jago dimana pemenang akan mendapatkan hadiah berupa berlian kemenangan yang dapat ditarik ke GoPay atau LinkAja.

Dalam beberapa bulan terakhir - terutama sejak diluncurkannya brand campaign di beberapa saluran TV - user based MPL berkembang sebesar 85 persen.

"Melihat antusiasme ini ke depannya MPLmemiliki harapan untuk meningkatkan sinergi dengan Local Games Developer dan terus mengedukasi masyarakat mengenai e-sport sebagai salah satu upaya untuk memajukan ekonomi kreatif di Indonesia,” pungkas Ridzki. [SRI]