Dark/Light Mode

Binaan PT Wira Karya Sakti

3 Desa Di Jambi Terima Piagam Penghargaan Proklim Utama Dari KLHK

Minggu, 7 Maret 2021 20:04 WIB
Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jambi Bachyuni Deliansyah (kiri) menyerahkan piagam penghargaan Proklim Utama 2020 Provinsi Jambi, di Aula Kantor Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jambi. (Foto: Istimewa)
Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jambi Bachyuni Deliansyah (kiri) menyerahkan piagam penghargaan Proklim Utama 2020 Provinsi Jambi, di Aula Kantor Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jambi. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tiga desa binaan unit usaha APP Sinar Mas, PT Wira Karya Sakti (WKS) yaitu Desa Bukit Harapan, Kecamatan Merlung; Desa Sungsang, Kecamatan Senyerang, dari Kabupaten Tanjung Jabung Barat; dan Desa Kota Baru, Kecamatan Geragai, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, menerima kategori Proklim Utama sekaligus mendapat piagam penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). 

Proklim singkatan dari Program Kampung Iklim. Program yang diluncurkan KLHK pada 2012 ini merupakan upaya melestarikan lingkungan, penurunan emisi rumah kaca dengan cara melakukan aksi adaptasi dan mitigasi terhadap terjadinya perubahan iklim akibat aktivitas manusia.

Selama ini, PT WKS melakukan pembinaan antara lain melalui kegiatan budidaya tanaman pangan, perikanan, pembuatan kompos dan pembangunan infrastruktur desa. “Sampai 2020, kami sudah mendaftarkan 49 desa binaan sebagai Desa Proklim ke SRN KLHK, 21 di antaranya masuk kategori utama dan 28 masuk kategori madya. Pada 2021 ini kami menargetkan minimal satu desa bisa masuk nominasi kategori lestari,” ujar Head of Social & Security PT WKS Faisal Fuad, Minggu (7/3).

Baca juga : Danone Indonesia Sabet Tiga Penghargaan Indonesia PR of The Year 2021

Faisal menjelaskan, keberhasilan pelaksanaan Proklim di desa tidak terlepas dari kerjasama berbagai pihak terkait. PT WKS mendorong masyarakat untuk peduli lingkungan, juga ikut andil memperkuat kelembagaan desa sebagai penanggung jawab pelaksanaan Proklim. 

“Perusahaan juga aktif mengkomunikasikan permasalahan-permasalahan di desa dengan pemangku kepentingan terkait, misalnya perguruan tinggi dan pemerintah,” tambah Faisal.

Piagam penghargaan Proklim Utama 2020 Provinsi Jambi diserahkan Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jambi Bachyuni Deliansyah pada acara FGD Upaya Adaptasi dan Mitigasi Perubahan Iklim, Aula Kantor Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jambi (3/3). Bachyuni menyampaikan, perusahaan sudah seharusnya mendorong desa binaan untuk melakukan adaptasi mitigasi terhadap perubahan iklim melalui program CSR perusahaan dan mendaftarkan ke Sistem Registrasi Nasional. 

Baca juga : Waskita Karya Bantu Percepatan Pembangunan Di Kalimantan Utara

“Selain masyarakat merasakan dampak keberadaan perusahaan secara ekonomi dan sosial, juga bisa berkontribusi dalam menjaga kelestarian lingkungan,” ujar Bachyuni. 

Sebelumnya, Desa Dataran Kempas, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Tanjung Jabung Barat juga meraih penghargaan sebagai Lokasi ProKlim Utama pada 2019 yang diserahkan langsung oleh Menteri LHK Siti Nurbaya. 

Kepala Desa Dataran Kempas Asbar Novendra menyatakan, penghargaan Proklim akan memperkuat adaptasi dan mitigasi menghadapi perubahan iklim, serta berkontribusi terhadap pengurangan emisi gas rumah kaca di tingkat desa dan Kawasan Perdesaan. “Kami bersama pemerintah daerah melalui DLH kab/kota serta PT WKS-APP Sinar Mas di Jambi akan terus berkolaborasi meningkatkan fungsi pembinaan dan pendampingan langsung menuju kawasan perdesaan rendah karbon," kata Asbar. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.