Dark/Light Mode

Bangun PLTU Malinau

Waskita Karya Bantu Percepatan Pembangunan Di Kalimantan Utara

Senin, 1 Maret 2021 22:06 WIB
PLTU Malinau (Foto: Istimea)
PLTU Malinau (Foto: Istimea)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Waskita Karya (Persero) Tbk menjadi salah satu BUMN Karya yang membangun Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU), untuk mencukupi kebutuhan listrik masyarakat. Khususnya bagi masyarakat di Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara.

Di 2013, Waskita membangun PLTU Malinau 2x3 MW selama 22 bulan, yang dimulai pada 4 Oktober 2013 dengan masa pemeliharaan 365 hari kalender. PLTU milik PT PLN (Persero) ini mampu memproduksi 6 MW netto dan digunakan untuk memperbaiki faktor kelistrikan di Malinau.

Baca juga : SMF Gaet PII Kerja Sama Pembiayaan Pembangunan Proyek Perumahan

"Dalam pelaksanaannya saat itu, tim proyek PLTU Malinau 2x3 MW mengimplementasikan proses BIM (Building Information Modelling). Dimulai dari pengambilan data lapangan menggunakan fotogrametri dan software pendukung lainnya," kata Senior Vice President (SVP) Engineering Procurement Construction (EPC) Division Waskita, Purma Yose Rizal di Jakarta, Senin (1/3).

Kemudian dilanjutkan dengan pembuatan 3D model. Informasi 3D model tersebut kemudian dimanfaatkan untuk membantu memenuhi kebutuhan proyek. Misalnya saja generate shop drawing, integrasi dengan schedule pelaksanaan, quantity takeoff dan analisis struktur.

Baca juga : Ketum Persit Kartika Chandra Bantu Pengobatan Pembuat Kerupuk Yang Lumpuh

Tak hanya itu, Purma menyampaikan, untuk memudahkan kolaborasi, tim proyek juga memanfaatkan platform common data environment (cde) BIM 360. PLTU ini juga dibangun untuk menunjang percepatan pembangunan di Kalimantan Utara.

"Karena sebelumnya pasokan listrik tidak sebanding dengan perkembangan kebutuhan masyarakat yang semakin maju," tuturnya.

Baca juga : La Nyalla Harap BSI Beri Kemudahan Pembiayaan Untuk Sektor Perdagangan

Purma menyebut, saat ini PLTU Malinau 2x3 MW secara optimal telah direalisasikan guna mengejar ketertinggalan dan mensejajarkan Kabupaten Malinau dengan daerah lain di Indonesia. [DWI]


 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.