Dark/Light Mode

Dukung KEK Likupang, AirAsia Buka Penerbangan Ke Manado

Jumat, 12 Maret 2021 16:14 WIB
Dukung KEK Likupang, AirAsia Buka Penerbangan Ke Manado

RM.id  Rakyat Merdeka - Pertemuan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno dengan CEO AirAsia, Tony Fernandes terkait Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Likupang, Sulawesi Utara, sebagai destinasi wisata super prioritas membuahkan hasil.

AirAsia akan membuka penerbangan ke Manado. Hal tersebut, disampaikan oleh Direktur Utama AirAsia Indonesia, Veranita Yosephine Sinaga.

Dia menyebut, pihaknya mendukung upaya Sandi melakukan pemulihan sektor pariwisata. Bahkan, dia bersedia menjadi partner pemerintah untuk menyukseskan pemulihan pariwisata secara keseluruhan.

Baca juga : Dukung Kontribusi Program Kartu Prakerja, OVO Raih Penghargaan Internasional

"Apa yang dikemukakan oleh Tony Fernandes dan Sandiaga Uno akan merefresh kembali rencana yang akan kita implementasikan segera," kata Vera dalam keterangannya kepada wartawan, Jumat (12/3).

Diketahui, dari lima destinasi wisata super prioritas, hanya rute dari Jakarta ke Bandara Sam Ratulangi, Manado yang belum terealisasi.

Adapun AirAsia sendiri telah memiliki rute di empat destinasi super prioritas lainnya yakni, Danau Toba, Borobudur, Mandalika, dan Labuan Bajo.

Baca juga : Respon Tangisan Darmizal, Herzaky: Bukan Sinetron Korea Ini

Dia menilai, berkat tawaran yang disodorkan Kemenparekraf, pihaknya akan segera menindaklanjuti rencana pembukaan rute ke Likupang.

"Kita punya persiapan beberapa rute, termasuk Likupang. Kalau menunjukkan dampak positif, April akan dibuka," ucap Vera.

Saat ini, KEK Likupang bisa dicapai dari Manado dengan waktu tempuh sekitar 1,5-2 jam dengan kendaraan roda empat. Selain Tanjung Pulisan dengan pasir putihnya, KEK Likupang memiliki Pantai Pall dan Pantai Marinsow yang sama sama berada di Kecamatan Likupang Timur.

Baca juga : Kejagung Limpahkan Perkara MRS Ke PN Jaktim

Kawasan ini didukung oleh sejumlah desa wisata, di antaranya Desa Marinsow, Desa Pulisan, Desa Kinunang, Desa Bahoi, dan Desa Pulau Gangga. Khusus, di Desa Marinsow, sebanyak 68 rumah dibangun secara khusus menjadi homestay oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mulai Oktober 2020. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.