Dark/Light Mode

Gendeng Kemenparekraf, BSI Perluas Pembiayaan UMKM Sektor Parekraf

Selasa, 16 Maret 2021 10:18 WIB
Direktur Retail Banking Bank Syariah Indonesia, Kokok Alun  (di layar paling kanan) ketika menjadi narasumber dalam acara yang diselenggarakan Kemenparekraf untuk pemberdayaan UMKM, Temu Bisnis Perbankan Syariah di The Excelton Hotel Palembang. (Foto: Istimewa)
Direktur Retail Banking Bank Syariah Indonesia, Kokok Alun (di layar paling kanan) ketika menjadi narasumber dalam acara yang diselenggarakan Kemenparekraf untuk pemberdayaan UMKM, Temu Bisnis Perbankan Syariah di The Excelton Hotel Palembang. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bank Syariah Indonesia Tbk menggandeng Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), terkait optimalisasi pembiayaan untuk UMKM khususnya ke sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Direktur Retail Banking BSI, Kokok Alun Akbar berharap, dengan dukungan BSI, UMKM Indonesia bisa lebih maju berkembang dan dapat naik kelas.

Baca juga : Pertamina Perluas Pemasaran LPG Non Subsidi

Sebagai bank syariah yang inklusif dan melayani beragam segmen, pihaknya berkomitmen untuk dapat menjadi mitra dalam memberikan kebermanfaatan baik di dunia maupun akhirat kepada segenap nasabah. "Termasuk UMKM khususnya ke sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,” kata Kokok dalam keterangan, Selasa (16/3).

Untuk memberdayakan UMKM, BSI menyiapkan beberapa strategi diantaranya adalah sinergi bersama pemerintah, dalam proses pembinaan umkm melalui kegiatan inklusi keuangan dan pemberian fasilitas pembiayaan kepada umkm binaan instansi, pemda dan komunitas halal.

Baca juga : Gandeng Lembaga Riset dan Perguruan Tinggi, BSI Kembangkan Ekonomi Syariah

Selain itu, BSI juga berusaha memberdayakan UMKM go digital dengan mendorong sentra produksi UMKM Binaan go digital yang dihubungkan dengan e-commerce.

BSI juga mendukung dan mendorong pelaku UMKM, masuk ke ekosistem digital melalui kerjasama penyediaan layanan dan produk pendanaan perbankan dengan platform digital, seperti e-commerce yang terhubung dengan aplikasi pembiayaan UMKM BSI.

Baca juga : Adira Finance Bidik Pembiayaan Lewat momotor.id

Selain itu, BSI juga akan membangun sentra bisnis UMKM di beberapa daerah. BSI juga berkomitmen untuk mengembangkan UMKM dengan penyaluran pembiayaan untuk menambah modal, memfasilitasi pengusaha UMKM agar bisa menjual secara online melalui kerjasama dengan e-commerce, dan bersama-sama dengan Kemenparekraf melakukan berbagai kegiatan pemberdayaan UMKM.

Sampai Desember 2020, penyaluran pembiayaan BSI di sektor UMKM sebesar Rp 14,4 triliun dengan sebesar Rp 194,1 miliar diantaranya disalurkan ke sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.