Dark/Light Mode

Kick Off Gernas BBI

Bangkitkan UMKM, Menteri Teten Bangun Kolaborasi Lintas Kalangan

Sabtu, 3 April 2021 16:28 WIB
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki di acara Kick Off Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) di Bandung, Sabtu (3/4). (Foto: Istimewa)
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki di acara Kick Off Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) di Bandung, Sabtu (3/4). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kick Off Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) pada April 2021 oleh pemerintah, dipusatkan di Jawa Barat dengan tema UKM Jabar Paten.

Lewat gerakan ini, seluruh pihak diajak untuk bersama mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional, melalui penguatan UMKM dalam negeri.

Baca juga : Menteri Siti Tegaskan Pentingnya Kolaborasi Pemangku Kepentingan

Kick off ditandai dengan penyematan pin bertuliskan Geber UMKM kepada perwakilan UMKM dari Jabar oleh Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Deputi Gubernur BI Rosmaya Hadi, Ketua Dekranasda Jabar Atalia Praratya Kamil, dan sejumlah perwakilan tokoh yang hadir secara langsung dalam acara yang digelar di Convention Hall Trans Studio Bandung, Sabtu (3/4).

“Dukungan kita semua adalah bahan baku dan bahan bakar dalam perjuangan bersama mendampingi UMKM. Mari bergabung bersama dalam gerakan ini,” kata Teten.

Baca juga : Bamsoet Ajak Pengurus MBI Bangkitkan Sektor UMKM Dan Pariwisata

Ia mengatakan, Gernas BBI adalah sebuah pengejawantahan, terlahir dari semangat 'sauyunan' atau gotong royong, bersinergi dalam upaya bersama mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional, melalui penguatan UMKM dalam negeri.

UMKM lanjut Teten, memiliki arti penting bagi perekonomian nasional. Lebih dari 64 juta UMKM berkontribusi 14 persen terhadap total ekspor non migas, 60 persen total investasi, 97 persen total tenaga Kerja, dan 61 persen total PDB nasional. "Angka-angka ini menjadi bukti bahwa UMKM adalah tulang punggung perekonomian bangsa,” imbuhnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.