Dark/Light Mode

Komisi X DPR: Peta Jalan Pendidikan Untuk Bangun Pelajar Pancasila

Kamis, 11 Maret 2021 07:43 WIB
Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian. (Foto: Ist)
Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Konsep Peta Jalan Pendidikan (PJP) yang sudah rampung dibahas sebetulnya didedikasikan untuk membangun Pelajar Pancasila. Dalam konsep pembangunan itu sudah terkandung pembangunan spiritual bagi para pelajar. PJP ini baru sebatas konsep yang direkomendasikan Komisi X DPR kepada pemerintah dan masih jauh perjalanannya untuk sampai jadi kebijakan publik.

"Sebenarnya dalam PJP tujuan kita adalah membangun karakteristik Pelajar Pancasila, yang salah satunya adalah beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia. Namun, memang setelah kami teliti lebih lanjut, belum ada turunan rencana yang jelas bagaimana mencapai karakter tersebut," ujar Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (11/3).  

Baca juga : Komisi III DPR Terima Courtesy Call Dubes Uni Eropa, Bahas UU ITE

Hetifah melihat, strategi pembangunan bidang pendidikan masih sangat condong kepada hal-hal yang bersifat praktikal, seperti meningkatkan keterampilan dan memenuhi kebutuhan lapangan kerja. Kedua hal ini memang penting, tapi harus juga diimbangi dengan peningkatan nilai-nilai spiritual dan pembangunan karakter dengan porsi yang sama besarnya.   Dan PJP memberi perhatian yang sama soal itu.

Komisi X DPR RI pada Rabu (10/3) kemarin, sudah merampungkan pembahasan PJP. Sebagai konsep, PJP diserahkan kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim.

Baca juga : Komisi X Sarankan Pembelajaran Tatap Muka Dimulai Dari Paud Dan SD

"Harus dipahami dahulu bahwa PJP ini masih berupa draf dan perjalanannya masih panjang sebelum disahkan. Kemendikbud masih perlu berdiskusi dengan berbagai macam organisasi terkait untuk menyempurnakannya," ungkapnya.  

PJP Nasional sekali lagi, sambung legislator asal Kaltim ini, merupakan buah pikir atas berbagai rapat dengar pendapat umum yang dilakukan dengan berbagai kelompok masyarakat. Sekarang bola sudah di tangan Kemendikbud. Komisi X akan terus memantau perkembangan PJP ini.  

Baca juga : Umumkan Pencopotan Petinggi Pertamina, Luhut Diprotes Deddy Sitorus

"Yang kami dorong adalah agar Kemendikbud lebih menggunakan pendekatan partisipatif dalam penyusunan ini, sehingga pihak-pihak yang terlibat dalam pembangunan pendidikan Indonesia, dapat dilibatkan lebih aktif," imbuh Hetifah. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.