Dark/Light Mode

Kick Off Gernas BBI

Bangkitkan UMKM, Menteri Teten Bangun Kolaborasi Lintas Kalangan

Sabtu, 3 April 2021 16:28 WIB
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki di acara Kick Off Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) di Bandung, Sabtu (3/4). (Foto: Istimewa)
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki di acara Kick Off Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) di Bandung, Sabtu (3/4). (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Saat pandemi Covid-19 menerjang, kondisi ini memberikan pukulan telak bagi semua pihak, termasuk pelaku UMKM, yang biasanya hadir sebagai pahlawan ekonomi nasional kali ini turut terempas. Bagi UMKM, beradaptasi dan bertransformasi digital menjadi keniscayaan.

Menurut Teten, atas dasar itulah Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia yang dicanangkan oleh Presiden Jokowi menjadi salah satu bentuk keberpihakan pemerintah kepada kebangkitan UMKM melalui akselerasi transformasi digital.

Ia melaporkan, melalui sinergi yang dihadirkan oleh seluruh pemangku kepentingan, hari ini angka UMKM yang hadir dalam ekosistem digital telah tumbuh pesat, mencapai lebih dari 19 persen populasi pelaku usaha atau setidaknya 12 juta UMKM.

Baca juga : Menteri Siti Tegaskan Pentingnya Kolaborasi Pemangku Kepentingan

“Transformasi digitalisasi UMKM akan terus kita dorong. Pemerintah beserta semua pemangku kepentingan akan terus berkolaborasi demi target 30 juta UKMM pada tahun 2023. Diharapkan terdapat 500 ribu UMKM produk artisan onboarding digital setiap bulannya,” tegasnya.

Dalam rangka mendukung Gernas BBI 2021, KemenkopUKM mendapat tugas sebagai Movement Manager bermitra dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat sebagai Key Opinion Leader/Brand Ambassador Gernas BBI. Gernas BBI di Jabar akan digelar sepanjang bulan April 2021 dengan tagline UKM Jabar Paten.

Pada kesempatan Gernas BBI April 2021, lebih dari 100 rangkaian kegiatan pada 100 venue akan menyemarakkan Gernas BBI di Jabar. Lebih dari 14.500 UMKM unggulan akan dijangkau dalam keseluruhan kegiatan dan dengan potensi audiens lebih dari 21 juta orang.

Baca juga : Bamsoet Ajak Pengurus MBI Bangkitkan Sektor UMKM Dan Pariwisata

Di periode ini, Teten mengatakan, Gernas BBI akan fokus pada produk-produk UMKM artisan. Yakni produk-produk yang sudah dikurasi menjadi produk unggulan sehingga masyarakat bisa dengan bangga membeli produk UMKM lokal.

“Saya percaya, para UMKM artisan ini adalah Local Champion kita, para pejuang ekonomi yang akan siap merajai level nasional bahkan kompetitif di level global,” katanya.

Hadir pada kick off tersebut, baik langsung maupun virtual, di antaranya Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.