Dark/Light Mode

Tiga Bulan Menteri, Elektabilitas Sandi Moncer

Selasa, 23 Februari 2021 13:20 WIB
Menparekraf, Sandiaga Uno.
Menparekraf, Sandiaga Uno.

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktur Eksekutif Voxpol Center, Pangi Syarwi Chaniago menilai positif terhadap kinerja Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno. Sebab, menurutnya Sandi memanfaatkan alat sosialisasi publik dengan baik. 

"Sandi selalu disorot media. Apalagi sering muncul di televisi nasional. Kalau kita lihat di daerah-daerah itu kan internet belum merata artinya masih banyak yang nonton Tv. Nah, Tv ini kan alat sosialisi yang paling bagus untuk memperkenalkan dan paling disukai," kata Pangi kepada RM.id, Selasa (23/2).

Sebelumnya, Lembaga Survei Lingkaran Survei informasi (LSI) mencatat, Prabowo dan Sandi menempati urutan teratas tingkat kepuasan publik terhadap kinerja menteri. 

Baca Juga : Jalur Sudah Aman, Perjalanan KA Dari Dan Menuju Jakarta Kembali Normal

Prabowo mendapatkan penilaian 13 persen sangat puas dan 62 persen cukup puas. Sementara Sandiaga mendapatkan tingkat kepuasan 8 persen sangat puas dan 61 persen cukup puas.

Menurut laporan LSI, nama yang populer cenderung mendapatkan tingkat kepuasan lebih tinggi. Jadi, menteri-menteri yang memiliki tingkat dibicarakan di media atau tempat pembicaraan lain tinggi. 

Selain itu, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu memiliki narasi ciamik untuk membangun kementeriannya. Hal itu yang selalu dia jelaskan ke media sehingga publik mengetahuinya. "Tentu ini membuat rating beliau tinggi," ungkap dosen UIN Jakarta itu. 

Baca Juga : Kecuali Etnis Rohingya, Malaysia Deportasi 1200 Warga Myanmar

Kemudian, Pangi pun mensinyalir Sandi memiliki hubungan baik dengan madia massa. Alhasil, apapun yang dilakukan mantan Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) itu bisa terpublikasi dan tersosialisasikan dengan sempurna. "Melalui media massa elektronik dan seterusnya," ujar Pangi. 

Meski demikian, ada faktor lain yang membuat publik puas dengan kinerja Sandi. Yaitu kerja sama tim di Kemenparekraf. Tidak melulu meletakkan Sandi sebagai pentolan. Tapi semuanya membantu kinerja Sandi agar lebih terukur dengan target yang jelas. 

"Tiga bulan jadi menteri Sandi moncer karena dia punya tim dan narasi yang bagus. Tidak one man show," tutupnya. [UMM]