Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

50 Tahun Di Indonesia, Toyota Siap Produksi Mobil Listrik

Jumat, 9 April 2021 17:31 WIB
Perayaan 50 Tahun Toyota di Indonesia. (Foto: ist)
Perayaan 50 Tahun Toyota di Indonesia. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Genap 50 tahun Toyota di Indonesia. Toyota pun telah bertransformasi dari perusahaan mobil tradisional menjadi perusahaan mobilitas.

Sebagai perusahaan mobilitas, Toyota berkomitmen untuk menghadirkan tidak hanya produk yang lebih baik, namun juga solusi mobilitas secara menyeluruh yang inovatif serta memberikan nilai tambah, sesuai dengan trend dan kebutuhan masyarakat yang terus berkembang dan semakin kompleks.

“Terima kasih kepada masyarakat Indonesia yang senantiasa mempercayakan Toyota untuk dapat memenuhi kebutuhan mobilitas mereka selama 50 tahun ini. Bergandengan tangan dengan masyarakat Indonesia, kami bersyukur Toyota dapat berpartisipasi aktif dalam mengembangkan industri otomotif nasional serta turut mendukung pertumbuhan ekonomi dan sosial di Indonesia,” ujar President Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Susumu Matsuda, Jumat (9/4).

Sebagai perusahaan mobilitas, kata dia, Toyota berkomitmen untuk tidak hanya memenuhi kebutuhan transportasi, tapi juga kebutuhan mobilitas masyarakat yang semakin kompleks, termasuk gaya hidup serta pelestarian lingkungan mereka. Ke depannya, Toyota tidak hanya akan menghadirkan produk yang lebih baik, namun juga solusi mobilitas yang enjoyable dan personalized bagi masyarakat Indonesia.

Baca juga : Agro Solution Pupuk Indonesia Diganjar Penghargaan Inovasi Terbaik

Toyota Indonesia juga bertekad untuk selalu memberikan kontribusi sosial–ekonomi pada bangsa Indonesia melalui pengembangan industri otomotif. Dimulai sebagai importir di1971, selama 50 tahun seterusnya Toyota Indonesia bertumbuh bersama pemasok lokal untuk melakukan pendalaman industri dengan meningkatkan kandungan lokal agar dapat membuka tambahan lapangan kerja untuk mendorong peningkatan ekonomi di Indonesia.

Perakitan mobil utuh Toyota Indonesia dimulai sejak 1976, dilanjutkan dengan produksi mesin/engine di tahun 1982 dan beberapa partekspor dan suku cadang. Kini Toyota Indonesia didukung dengan 5 pabrik yang memproduksi 6 model Toyota, 2 jenis mesin bensin, komponen, spare parts, dan alat bantu produksi yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan konsumen Indonesia dan konsumen global di 80 negara di kawasan Asia, Afrika, Amerika Latin, dan Timur–Tengah.

“Bagi Toyota, Indonesia adalah “second home country” dan memiliki peran yang sangat penting. Toyota Indonesia sudah menjadi salah satu basis produksi dan ekspor global untuk kendaran Toyota,” ujar Presiden Direktur PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Warih Andang Tjahjono.

Menurut dia, posisi tersebut tidak dapat kami raih tanpa bantuan dari Pemerintah Indonesia yang memberikan dukungan dan kemudahan dalam pengembangan industri, termasuk dalam kegiatan ekspor. Toyota ingin lebih berkontribusi nyata kepada bangsa dan masyarakat Indonesia untuk 50 tahun kedepan dan seterusnya, dalam situasi apapun melalui kerja sama dengan berbagai pihak dan terus menjalin hubungan yang harmonis dengan Pemerintah dan seluruh stakeholder lainnya untuk mewujudkan ‘Mobility happiness for all’

Baca juga : Tahun Depan, Toyota Produksi Mobil Listrik Di Indonesia

“Kami juga terus mengembangkan supply chain lokal termasuk industri kecil dan menengah untuk komponen dan material, khususnya dalam menghadapi tantangan masa depan,” ujar Warih. 

Menurut dia, produk Toyota telah digunakan oleh masyarakat Indonesia sejak 50 tahun yang lalu. Seiring berjalannya waktu, banyak hal yang telah berubah selama perjalanan 50 tahun Toyota di Indonesia. 

Sebagai contoh, dulu, mayoritas masyarakat Indonesia membutuhkan kendaraan sebagai alat transportasi untuk mendukung mobilitas baik yang dilakukan secara jarak dekat, jarak jauh seperti mudik, maupun di medan yang cukup sulit untuk dilalui. Dan dulu ketika masyarakat ingin punya mobil pilihannya harus beli, baik baru, maupun second dengan opsi metode pembayaran cash atau credit.

Kini, kebutuhan mobilitas masyarakat telah berkembang menjadi lebih kompleks. Banyak masyarakat Indonesia yang membutuhkan layanan pendukung mobilitas yang lebih mudah, aman, dan nyaman termasuk yang berbasis digital. 

Baca juga : Toyota Ogah Grasak-grusuk Soal Mobil Listrik

Contohnya, di era pandemi ini masyarakat membutuhkan contactless experience untuk mengeksplor fitur pada produk Toyota dan mendapatkan kemudahan dalam pembelian mobil. Untuk itu, Toyota hadirkan platform digital untuk eksplorasi produk melalui Toyota Live Showroom dan program pembelian mobil secara digital melalui Toyota Virtual Expo.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.