Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

BKIPM Ekspor 11 Ribu Ton Produk Perikanan, Dilepas Menteri Dan Dipuji DPR

Rabu, 14 April 2021 22:34 WIB
Pembukaan Bulan Mutu Karantina (BMK) ke-6 dan pelepasan ekspor produk perikanan sebanyak 11 ribu ton oleh Menteri Keluatan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono. (Foto: Istimewa)
Pembukaan Bulan Mutu Karantina (BMK) ke-6 dan pelepasan ekspor produk perikanan sebanyak 11 ribu ton oleh Menteri Keluatan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ekspor produk perikanan sebanyak 11.637 ton senilai Rp 1,012 triliun dilaksanakan serentak di berbagai wilayah, Rabu (14/4). Ekspor ini menandai dimulainya Bulan Mutu Karantina (BMK) ke-6 tahun ini. Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono melakukan pelepasan ekspor itu di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Produk perikanan ini dikirim ke-40 negara tujuan di Asia, Eropa, dan Amerika. Ekspornya terdiri atas 157 jenis komoditas. Mulai dari perikanan hidup, segar, beku, hingga produk olahan ikan.

Baca juga : Bambro Sudah Pamitan, Bahlil Menteri Investasi?

"Saya meyakini bahwa kegiatan ini menjadi bagian dari upaya kita memotivasi semangat memajukan sektor kelautan dan perikanan lebih maju lagi. Terlebih dalam situasi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung," ujar Trenggono, seperti keterangan yang diterima redaksi, Rabu (14/4).

Dalam kegiatan bertajuk Indonesia Satu Ekspor ini, Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Kementerian Kelautan dan Perikanan juga meluncurkan Sistem Pelayanan Ekspor Cepat, Terintegrasi Akuntabel dan Berbasis Online (Spectra Line). Kepala BKIPM Rina mengungkapkan, kegiatan ini menggambarkan bahwa produksi perikanan Indonesia terus bergerak. 

Baca juga : Beresin Ekspor Perikanan, Ini Jurus Jitu Menteri Trenggono

"Hari ini menggambarkan bahwa produk perikanan terus bergerak dan kami berkomitmen meningkatkan pelayanan," ungkap Rina.

Anggota Komisi VIII DPR Maman Imanulhaq, yang turut hadir dan membacakan doa dalam acara ini, mengapresiasi Indonesia Satu Ekspor yang sekaligus menjadi tonggak sejarah peluncuran Spectra Line. Menurut politisi yang akrab disapa Kang Maman ini, Spectra Line sejalan dengan program pemerintah terkait reformasi birokrasi untuk efisiensi dan transparansi guna mendukung rencana pokok-pokok haluan negara di bidang maritim. Kang Maman berharap, Spectra Line menjadi kreasi dan inovasi yang mumpuni di era normalitas baru ini dan terus dikuatkan dengan moralitas baru, menuju Indonesia Maju.

Baca juga : Respons Cepat Penuhi Kebutuhan LPG Masyarakat Perbatasan, Pertamina Dipuji DPR

BMK 2021 akan dilaksanakan selama 2 bulan, dimulai 14 April hingga 14 Juni 2021, di Kantor BKIPM KKP Pusat dan 47 UPT KIPM di seluruh Indonesia. Rangkaian kegiatan BMK ini meliputi BKIPM peduli sosial, BKIPM peduli lingkungan, dan BKIPM peduli pelayanan publik. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.