Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Yili Group Dorong UMKM Jualan Keliling Pakai Sepeda

Minggu, 18 April 2021 15:22 WIB
Yili Group melalui anak usahanya, PT Green Asia Food Indonesia (GAFI), memberikan sepeda kepada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Jawa Barat. (Foto: Yili Group)
Yili Group melalui anak usahanya, PT Green Asia Food Indonesia (GAFI), memberikan sepeda kepada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Jawa Barat. (Foto: Yili Group)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemilik merk es krim Joyday, Yili Group melalui anak usahanya, PT Green Asia Food Indonesia (GAFI), ikut mendorong kemudahan untuk pelaku usaha kecil berbisnis.

Salah satu caranya, dengan memberikan sepeda kepada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). GAFI menyerahkan bantuan sepeda serbaguna ke Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Sepeda digunakan untuk berjualan di jalan atau berkeliling.

Perwakilan management GAFI Yu Miao mengatakan, bantuan ini merupakan donasi kedua yang dilakukan Yili Group bersama GAFI untuk Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Sebelumnya, pada November 2020 Yili Group juga telah memberikan sepeda serbaguna sebanyak 20 unit.

"Kami kembali memberikan sepeda serbaguna untuk mendukung pertumbuhan UMKM di tengah pandemi Covid 19," tuturnya dalam siaran pers, dikutip Minggu (18/4).

Baca juga : Disdik Jabar Dorong Pelajar Majukan Desa Dengan Program Ini

Sepeda-sepeda tersebut didesain khusus oleh tim Yili dan dibuat di bengkel sepeda di daerah Bekasi. Nantinya, sepeda tersebut mampu mengangkut aneka barang dagangan untuk dibawa keliling oleh pelaku UMKM.

"Sehingga perekonomian mereka yang tadinya terpuruk setidaknya bisa dibantu untuk bisa berjualan dengan menjangkau banyak tempat sekitar," kata Yu Miao.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat, Kusmana Hartadji mengapresiasi bantuan sepeda ini. Menurutnya, pemulihan ekonomi khususnya pada UMKM membutuhkan dukungan semua pihak.

"Tidak hanya pemerintah daerah, tapi juga semua pihak termasuk swasta. Dengan bergandengan tangan, saya optimistis UMKM di Jawa Barat akan cepat bangkit di tengah pandemi," harapnya.

Baca juga : Kolaborasi PGD dan UMKM, Gerakan Ekonomi Kreatif

Sepeda tersebut langsung diserahkan oleh Kusmana kepada pelaku UMKM di Bandung. Total, ada 10 unit sepeda yang diberikan pelaku UMKM yang terkena dampak ekonomi dari pandemi Covid-19.

Salah satu penerima sepeda serbaguna, Dian Herlina, pedagang kue basah dari Cikutra mengaku senang atas bantuan tersebut. Perempuan yang sudah berjualan kue basah sejak 2012 ini, sebelumnya selalu diantar oleh suami menggunakan sepeda motor berkeliling kampung untuk menjajakan kue basah.

"Jika suami saya sedang bekerja dan motornya dipakai, otomatis saya berjalan kaki keliling kampung untuk jualan kue basah, dan ini cukup memakan waktu dan tenaga," tuturnya.

Dengan bantuan sepeda ini, Dian bersyukur bisa keliling kampung lebih cepat. Kue yang dibawa bisa ditaruh di boks belakang sepeda.

Baca juga : Bamsoet Dorong KPK-Kadin Bangun Whistleblowing System

“Saya pun tetap bisa berjualan walaupun suami sedang bekerja. Malah saya bisa jualan sampai ke kampung-kampung sebelah,” tutup Dian. Kegiatan sosial ini adalah bagian dari keberlanjutan program sosial Yili di tahun 2021. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.