Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Anindya Bakrie: Kadin Peduli Dengan UMKM Dan Pasar Rakyat

Minggu, 18 April 2021 20:39 WIB
Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Anindya Bakrie (kedua kanan) mengunjungi Pasar Induk Caringin, Kota Bandung, Minggu (18/4). (Foto: Istimewa)
Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Anindya Bakrie (kedua kanan) mengunjungi Pasar Induk Caringin, Kota Bandung, Minggu (18/4). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Anindya Bakrie mengunjungi Pasar Induk Caringin, Jalan Soekarno-Hatta, Bandung, Minggu (18/4). Kedatangan Anindya ke pasar induk di Kota Kembang tersebut untuk mengetahui perkembangan ekonomi kerakyatan di Jawa Barat. Pengusaha berusia 46 tahun ini pun turut berbincang dengan sejumlah pedagang. 

Anin, sapaan akrabnya, mengaku kagum dengan konsep pasar yang mulai didirikan pada 1987 ini. Pasar Induk Caringin mendapat pasokan bahan pangan dari 12 provinsi di Indonesia. 

Baca juga : Senayan Sesalkan Penganiayaan Perawat RS Siloam Palembang

Omzetnya juga sangat besar. tak tanggung-tanggung, dalam sehari, omzet Pasar Induk Caringin mencapai Rp 50 miliar. Bagi Anin, pencapaian ini luar biasa bagi perkembangan ekonomi kerakyatan. 

"Ada 4.600 pedagang di sini. Tadi, kita bercanda bahwa ada pedagang jengkol sehari omzet bisa Rp 500 juta," ujarnya.

Baca juga : Nyaris Jadi Korban Pemalakan Di Angkot

Anin berharap, konsep tersebut bisa ditiru dan dikembangkan provinsi lain di Indonesia. Kadin mempunyai pemikiran ke depan untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan. 

"Konsepnya ini ekonomi kerakyatan. Jadi, bukan hanya slogan tapi bukti nyata. Pak Agung Suryamal (pemilik pasar caringin) ini awalnya project manager, sekarang sudah selesai dua kali jadi ketua Kadin Jabar, sudah waktunya bantu-bantu mereplika ini di seluruh Indonesia," katanya. 

Baca juga : Innalilahi, Jumlah Guru Korban Penembakan KKB Papua Bertambah

Bukti konsep ekonomi kerakyatannya, lanjut Anin, terlihat dari pemasok barang di Pasar Caringin. Pasar induk ini melibatkan petani, nelayan dan pemasok lain dari 12 provinsi. Seperti jeruk medan dari Sumatera Barat, melon dan semangka dari Jawa Timur, dan ikan laut dari Jawa Tengah, dan kentang dari Jawa Timur. “Pasar ini menyuplai ke 600 pasar di Jawa Barat,” imbuhnya.

Anin sangat kagum dengan hal ini. Dia memastikan, Kadin sangat peduli dengan pengembangan UMKM dan pasar rakyat. Kadin akan terus mendorong pengembangan ekonomi kerakyatan dan UMKM seperti di Pasar Induk Caringin. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.