Dark/Light Mode

Ketum Kadin Banten Dan Mendag Dukung Arsjad Rasjid Pimpin Kadin Periode 2021-2026

Kamis, 22 April 2021 10:31 WIB
Waketum Kadin Indonesia bidang pengembangan pengusaha nasional Arsjad Rasjid dengan Ketua Umum Kadin Banten Mulyadi Jayabaya, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi dan Menteri KKP Wahyu Sakti Trenggono, saat bersilaturahmi di Banten, Rabu (21/4). (Foto: Istimewa)
Waketum Kadin Indonesia bidang pengembangan pengusaha nasional Arsjad Rasjid dengan Ketua Umum Kadin Banten Mulyadi Jayabaya, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi dan Menteri KKP Wahyu Sakti Trenggono, saat bersilaturahmi di Banten, Rabu (21/4). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bidang pengembangan pengusaha nasional Arsjad Rasjid dengan Ketua Umum Kadin Banten Mulyadi Jayabaya, bersilaturahmi membahas berbagai informasi seputar situasi perekonomian di Banten dipaparkan.

Pada kesempatan tersebut, Mulyadi mengungkapkan bahwa kondisi ekonomi nasional telah membawa dampak besar kepada para pengusaha di Banten, terutama usaha kecil mikro dan menengah atau UMKM.

Mulyadi menitipkan harapan pada Arsjad Rasjid bila terpilih menjadi Ketua Umum Kadin 2021- 2026. Ia berharap adanya kemudahan bagi pengusaha kecil yang tidak memiliki akses permodalan ke perbankan.

Baca juga : Banjir Dukungan, Caketum Kadin Arsjad Rasjid Siap Tingkatkan Kerja Sama Ekonomi

“Berikan kesempatan kepada UMKM, tanpa perlu kartu anggota. Tolong dibantu akses permodalan kepada perbankan,” ujarnya.

Mulyadi mengatakan di Provinsi Banten masih banyak usaha kecil yang terpaksa berhubungan dengan rentenir. “Di Banten masih banyak usaha kecil yang tidak punya akses permodalan ke perbankan, sehingga masih terjerat rentenir,” tuturnya, Rabu (21/4).

Mulyadi mengatakan Banten sangat potensial secara bisnis karena diuntungkan secara geografis sebagai lintas Sumatera Jawa, dan letaknya yang berbatasan dengan Ibukota. “Sehingga bila Pak Arsjad terpilih menjadi Ketua Umum Kadin Indonesia, bisa ikut membantu menggerakkan perekonomian daerah dan memberikan kesempatan usaha kepada UKM,” ujar Mulyadi.

Baca juga : Legislator Dukung Aparat Berantas Jaringan Teroris

Pertemuan ini juga dihadiri Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia. Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono menyambut baik kerjasama dan sinergi dengan pengusaha di daerah.

 “Banten ini punya potensi yang sangat besar di jalur selatan, terutama di daerah Pandeglang situ ya. Budidaya ini akan kita kembangkan, 2 juta ton udang di tahun 2024. Pasar udang itu sendiri kira-kira 24 miliar dolar dan Indonesia masih dalam posisi kelima, kalah dengan Ekuador, pertama tetap China. Dan untuk wilayah Banten ini, budidaya lobster di Lebak cukup bagus potensinya," ujar Menteri KKP Wahyu Sakti Trenggono.

Sementara itu, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi yakin bila Arsjad Rasjid terpilih sebagai Ketua Umum Kadin Indonesia, dirinya akan bisa bersinergi dan bekerja sama dengan pemerintah.

Baca juga : Caketum Kadin, Arsjad Rasjid: Pemulihan Kesehatan Syarat Tercapainya Pertumbuhan Ekonomi

“Saya sampaikan konsep di Kementerian Perdagangan, terutama untuk bisa menggerakkan perkonomian khususnya di daerah. Dan saya hadir di sini mewakili Kementerian Perdagangan untuk menghadirkan pelaku ekonomi, untuk menjaring calon eksportir. Jadi nanti barang-barang alam di Banten akan jadi komoditas untuk perdagangan di Indonesia,” terang Lutfi.

Lutfi juga menyinggung persahabatannya dengan Arsjad Rasjid sejak bersama-sama menempuh kuliah di Amerika Serikat tahun 1988.  Persahabatan ini sudah jauh, saya bersama pak Arsjad bareng sekolah di Amerika tahun 1988.

Ia mengaku bersama Arsjad Rasjid pernah menjadi mahasiswa dan pimpinan mahasiswa, sebagai Ketua Permias. “Saya tanpa reservasi mendukung Arsjad Rasjid untuk menjadi Ketum Kadin yang baru," ujar Lutfi.[NOV]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.