Dark/Light Mode

Gelar RUPST

Astra Bagi Dividen Rp 114 Per Saham

Kamis, 22 April 2021 13:28 WIB
Menara Astra. (Foto: ist)
Menara Astra. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Astra International Tbk (ASII) membagikan dividen sebesar Rp 4,6 triliun pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) 2020. 

"Walaupun kinerja usaha Grup perlahan membaik pada beberapa bulan terakhir, prospek kinerja tahun ini masih dibayangi oleh ketidakpastian akibat dampak dari pandemi yang masih berlanjut," ujar Presiden Direktur Astra International, Djony Bunarto Tjondro, Kamis (22/4).

Baca juga : RUPST CIMB Niaga Tebar Dividen 60 Persen Dari Laba

RUPST membahas 5 mata acara: persetujuan perubahan Anggaran Dasar Perseroan, persetujuan penerimaan laporan tahunan tahun buku 2020, menyetujui pembagian dividen Rp 4,61 triliun, menerima pengunduran diri Komisaris, dan penunjukan kantor akuntan publik.

Pemegang saham menyetujui penggunaan laba bersih konsolidasian ASII untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2020 sebesar Rp 16,16 triliun. Laba bersih tersebut dibagi sebesar Rp 4,61 triliun atau setara Rp 114 per lembar saham dibagikan sebagai dividen tunai.

Baca juga : Guru Besar IPB Yakin Tak Ada Kartel Di Sektor Perunggasan

Besaran tersebut, termasuk di dalamnya dividen interim sebesar Rp 27 setiap saham atau seluruhnya berjumlah Rp 1,09 triliun yang telah dibayarkan pada 27 Oktober 2020. Dengan demikian, sisa sebesar Rp 87 per lembar saham atau seluruhnya berjumlah Rp 3,52 triliun akan dibayarkan pada 25 Mei 2021 kepada Pemegang Saham Astra yang namanya tercatat dalam Daftar Pemegang Saham Perseroan pada tanggal 4 Mei 2021 pukul 16:00 WIB.

"Rapat juga memberikan wewenang kepada Direksi Perseroan untuk melaksanakan pembagian dividen tersebut dan untuk melakukan semua tindakan yang diperlukan. Pembayaran dividen akan dilakukan dengan memperhatikan ketentuan-ketentuan pajak, Bursa Efek Indonesia dan ketentuan pasar modal lainnya yang berlaku," paparnya.

Baca juga : Antam Sebar Dividen Rp 402 Miliar

Adapun, sisa laba bersih 2020 sebesar Rp 11,54 triliun dibukukan sebagai laba ditahan Perseroan. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.