Dark/Light Mode

Toyota Raize, Si Mungil Yang Bengis Dan Nyaman

Selasa, 4 Mei 2021 14:44 WIB
Toyota Raize di Tanjakan 13. (Foto: ist)
Toyota Raize di Tanjakan 13. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Rakyat Merdeka dan delapan jurnalis lain mendapat kesempatan untuk melakukan test drive produk terbaru Toyota, yaitu Toyota Raize, Senin (3/5)

Test drive kali ini tidak dilakukan tidak seperti ‘kebiasaan’ Toyota yang biasanya digelar di luar kota. Test drive kali ini rutenya dari Blok M Jakarta dan finish di Alam Sutera.

Hal ini dilakukan karena masih pandemi Corona. Test drive perdana Toyota pasca pandemi ini juga digelar dengan protokol kesehatan ketat. Para peserta wajib di swab antigen dulu untuk memastikan tidak positif Corona.

Jumlah jurnalis yang ikut pada batch pertama ini ada sembilan. Mereka dibagi ke dalam tiga kelompok. Jumlah unit Toyota Raize yang disediakan ada tiga unit. Jadi, setiap mobil ada tiga jurnalis.

Baca juga : Usai Reses, MKD Mulai Garap Pengaduan Soal Aziz Syamsuddin

Rakyat Merdeka satu tim dengan jurnalis Koran Sindo dan Investor Daily dan mendapat mobil tes Toyota Raize 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS warna biru.

Test drive dimulai dari kafe KALA di Kalijaga Blok M pukul 11.00 WIB. Tujuan pertama adalah Tanjakan 13 yang ada di Kuningan City. 

Jurnalis Koran Sindo yang pertama bawa mobil di grup kami. Pada rute ini, peserta akan mencoba Toyota Raize di kepadatan jalanan Ibu Kota. Mobil ini asyik dikendarai.

Ditambah, fitur keamanan mobil ini sangat lengkap. Mulai dari 6 Airbags, Pedal Misoperation Control, dan Toyota Safety Sense (TSS) + BSM RCTA. Apalagi mobil ini dibekali Anti-lock Braking System (ABS), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), Seatbelt Warning, Rear Parking Sensor, Rear Parking Camera, serta Alarm + Immobilizer.

Baca juga : Toyota Pamerin 10 Mobil Listrik Di IIMS

Dengan fitur-fitur ini membuat mobil ini aman dikendarai. Mobil ini juga sudah dibekali teknologi blind spot warning. Dimana lampu peringatan pada spion dan bunyi peringatan akan menyala. Sehingga kita bisa mengetahui ada mobil atau motor yang menyalip dari samping kiri atau kanan. 

Karena jalanan Jakarta tidak terlalu padat, kami pun tak butuh waktu sampe lama ke Kuningan City. Di sana, kami mencoba kekuatan nanjak mobil ini. Karena posisi tanjakan 13 ada di parkiran paling atas. 

Jalan berputar dan menanjak tersebut sangat mudah dilalui Toyota Raize. Karena biarpun mesinnya bengis. Selain itu teknologi Hill Start Assist  membantu mobil ini tidak mundur saat mobil akan jalan setelah berhenti di tanjakan.

Tujuan kedua adalan pasir putih Pantai Indah Kapuk (PIK) 2 yang lagi ngehits. Nah, pada rute ini giliran Rakyat Merdeka yang membawa mobil ini. Rutenya dari Kuningan City masuk Jalan Denpasar dan masuk Tol Dalam Kota. 

Baca juga : Laura Seca, Pegolf Milenial Yang Peduli Lingkungan

Jalan dari Kuningan City sampai pintu tol tidak terlalu padat. Sehingga tidak ada kendala. Nah, saat di dalam tol, kekuatan mesin turbo mobil ini sangat terasa. Gasnya dicolek sedikit saja, mobil ini langsung lari. Kecepatan 130 km/jam tidak terasa. Dalam kecepatan tersebut mobil tetap stabil.

Fitur keamanannya juga bisa dirasakan di tol. Misalnya keluar jalur dan ada mobil menyalip akan bunyi alarm peringatan. Mobil ini, kecil-kecil bengis.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.