Dark/Light Mode

Jokowi Minta Banjir Bandang Di NTT Dan NTB Segera Ditangani

Senin, 5 April 2021 12:34 WIB
Presiden Jokowi (Foto: Setkab)
Presiden Jokowi (Foto: Setkab)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi meminta jajarannya untuk segera bergerak cepat menangani musibah banjir bandang dan tanah longsor di Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Saya telah memerintahkan kepada Kepala BNPB, kepada Kepala Basarnas, Menteri Sosial, Menteri Kesehatan, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, serta Panglima TNI dan Kapolri untuk melakukan secara cepat evakuasi dan penanganan korban bencana, serta penanganan dampak bencana," kata Jokowi dalam keterangan pers di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (5/4).

Baca juga : Banjir Di Lembata NTT Tewaskan 11 Orang, 16 Hilang

"Saya minta agar penanganan bencana dapat dilaksanakan dengan cepat dan baik. Seperti bantuan pelayanan kesehatan, ketersediaan logistik, dan kebutuhan dasar bagi para pengungsi, serta juga perbaikan infrastruktur,” imbuhnya.

Kepala Negara juga menyampaikan ucapan duka cita terhadap korban dari musibah tersebut.

Baca juga : Banjir Bandang Di Flores Timur, 23 Meninggal, 9 Luka-luka, 5 Hilang

“Atas nama pribadi dan seluruh rakyat Indonesia, saya menyampaikan dukacita yang mendalam atas korban meninggal dunia dalam musibah tersebut. Saya memahami, kesedihan yang dialami saudara-saudara kita akibat dampak yang ditimbulkan dari bencana ini,” ujarnya.

Lebih lanjut, Presiden mengimbau agar masyarakat tetap mengikuti petunjuk yang diberikan oleh petugas di lapangan. Serta terus meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi bencana, yang mungkin terjadi seiring dengan peningkatan curah hujan yang ekstrem.

Baca juga : Situasi Covid Belum Aman, Ritual Ibadah Jumat Agung Di Katedral Disederhanakan

“Saya mengimbau masyarakat untuk mengikuti arahan petugas di lapangan, dan selalu meningkatkan kewaspadaan dari bencana banjir dan longsor karena meningkatnya curah hujan yang ekstrem. Perhatikan selalu peringatan dini dari BMKG dan aparat di daerah,” tandasnya. [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.