Dark/Light Mode

Ramadan-Lebaran, Trafik Data Telkomsel Naik 49 Persen

Sabtu, 15 Mei 2021 19:26 WIB
Layanan Telkomsel. (Foto: ist)
Layanan Telkomsel. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Selama momen Ramadan dan Idul Fitri 2021, Telkomsel mencatat lonjakan trafik layanan data hingga 39.7 Petabyte (PB) atau tumbuh 49 persen dibanding momen yang sama tahun lalu.

Direktur Network Telkomsel Nugroho mengatakan, berdasarkan pantauan Telkomsel, untuk trafik layanan data pada Periode Lebaran 2021 sendiri, tercatat lonjakan sekira 39 persen dibandingkan Periode Lebaran tahun sebelumnya. Dimana hal tersebut juga didorong semakin tingginya adopsi pemanfaatan layanan komunikasi berbasis digital sebagai sarana silaturahmi virtual untuk menekan penyebaran Covid-19 dengan tidak melakukan mudik.


Di sisi lain, untuk layanan SMS di momen Ramadan dan Idul Fitri 2021 mengalami peningkatan sebesar 33 persen dibandingkan periode tahun sebelumnya. Sedangkan untuk layanan panggilan suara, tercatat peningkatan trafik layanan suara sebesar 4 persen dibandingkan hari biasa.

Baca juga : Di Hari Lebaran, Sampah DKI Jakarta Capai 2.142 Ton

Nugroho menambahkan, Telkomsel juga mencatat sejumlah platform digital dan virtual yang berkontribusi terhadap penggunaan akses layanan data.

Untuk layanan digital terdepan dari Telkomsel, tercatat terjadi lonjakan trafik penggunaan untuk layanan VoLTE Telkomsel sebesar 12 persen, layanan marketplace video on demand MAXStream Telkomsel sebesar 410 persen, dan layanan video conference on demandCloudX Telkomsel sekira 68 persen dibandingkan hari biasa.

Secara umum masyarakat selama Ramadan dan Idul Fitri ini juga masih banyak menghabiskan aktivitasnya dengan memanfaatkan sejumlah platform digital sebagai penunjang produktivitas untuk bekerja secara virtual dan belajar daring, seperti melalui layanan video communication dan video streaming.

Baca juga : Arsjad Rasjid: Semoga Lebaran Jadi Babak Baru Yang Lebih Baik

Layanan video communication dan video streaming secara total mampu berkontribusi dalam penggunaan data lebih dari 53 persen, atau masing-masing tumbuh sekira 14 persen dan 22 persen, dibandingkan dengan hari biasa.

Untuk trafik aktivitas digital lain dari masyarakat seperti penggunaan layanan mobile gaming, browsing dan social media oleh pelanggan Telkomsel juga tercatat tumbuh masing-masing sekira 81 persen, 36 persen dan 7 persen selama Ramadan dan Idul Fitri dibandingkan dengan hari biasa. 

Selain itu Telkomsel juga mencatat enam aplikasi berbasis digital yang paling banyak diakses pelanggan antara lain YouTube, Facebook, Whatsapp, Instagram, Tik Tok dan Mobile Legends.

Baca juga : TransJakarta Tetap Beroperasi, Maksimal 50 Persen Penumpang

Sepanjang momen Ramadan dan Idul Fitri tahun ini, secara berurut untuk lima wilayah operasional Telkomsel yang mengalami kenaikan penggunaan layanan data dibandingkan momen tahun sebelumnya didominasi oleh Sumatra baik Utara, Tengah maupun Selatan (13 persen), Jawa Timur (12 persen) dan Jawa Tengah (11 persen) dibandingkan dengan hari biasa.

Telkomsel juga melakukan optimalisasi dan pengamanan operasional jaringan di 554 point of Interest (POI) yang secara khusus difokuskan di wilayah residensial, rumah ibadah, rumah sakit penanganan Covid-19, titik transit transportasi seperti bandara, terminal bus, pelabuhan, dan jalur penyaluran logistik, serta area spesial lainnya seperti pusat pelayanan publik. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.