Dark/Light Mode

Serahkan Piala Untuk Karya Tulis Terbaik EBT

Menteri ESDM Bangkitkan Semangat Energi Alternatif Di Kalangan Anak Muda

Kamis, 20 Mei 2021 07:10 WIB
Menteri ESDM Arifin Tasrif. (Foto: Dok. RM.id)
Menteri ESDM Arifin Tasrif. (Foto: Dok. RM.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - Peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang jatuh hari ini, cukup istimewa di mata penggiat energi alternatif. Kompetisi penulisan artikel mengenai energi baru terbarukan (EBT), yang digagas oleh Rakyat Merdeka dan Society of Renewable Energy (SRE) rupanya melahirkan banyak gagasan dan ide-ide cerdas dari anak-anak muda di bawah 25 tahun.

Kegiatan ini disambut cukup antusias oleh mahasiswa di sejumlah perguruan tinggi ternama tanah air. Ratusan karya masuk ke meja panitia, untuk rentang pendaftaran yang hanya dua pekan, di bulan April lalu. Sebagian besar artikel lebih tepat disebut karya ilmiah, atau proposal penelitian. Karena bukan hanya berisi gagasan, tapi sudah melampirkan rumusan hingga perhitungan angka-angka dan biaya jika ide tersebut direalisasikan.

Kompetisi ini, sebagai hasil kolaborasi Rakyat Merdeka bersama SRE memperebutkan Piala Menteri ESDM RI. SRE adalah lembaga para penggiat EBT yang dimotori oleh sejumlah mahasiswa ITB. Kini, SRE telah terbentuk di 34 kampus di seluruh Indonesia.

Founder SRE Zagy Yakana Berian mengatakan, saat kompetisi ini dibuka, disambut hampir 600-an peserta. Dan, ada sebanyak 234 artikel yang diseleksi panitia. Beberapa peserta yang ikut tercatat sebagai mahasiswa berprestasi di kampus-kampus terbaik Indonesia.

Baca juga : Generasi Muda Semakin Aktif Kampanyekan EBT

Ada empat tema penulisan artikel. Tema 1) Potensi Energi Baru Terbarukan di Indonesia, 2) Energi Baru Terbarukan untuk Pengembangan Desa, 3) Energi Baru Terbarukan Sebagai Solusi Menghadapi Perubahan Iklim, dan 4) Inovasi Efisiensi Energi dari Energi Baru Terbarukan.

Selanjutnya, dipilih 50 karya terbaik dan dinilai oleh Tim Juri yang terdiri dari, Agus Pambagio (Pengamat Kebijakan Publik, Managing Partner PH&H Public Policy Interest Group), Agus Sudibyo (Anggota Dewan Pers) dan Mamit Setiawan (Direktur Eksekutif Energy Watch).

Kemarin, Tim Juri telah menyelesaikan tugasnya melakukan penilaian. Dan rencananya, malam ini, pemenang hasil kompetisi akan diumumkan pukul 19.00-20.00 WIB, secara virtual. Menteri ESDM Arifin Tasrif akan hadir menyaksikan pengumuman sekaligus menganugerahkan piala dan sertifikat untuk para pemenang. Menteri ESDM juga akan memberikan sambutan dan paparan, terkait kebangkitan energi alternatif di Indonesia, sekaligus untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang jatuh pada hari ini.

Direktur Rakyat Merdeka, Kiki Iswara Darmayana, sebagai inisiator utama kegiatan ini mengatakan, sangat surprise dengan antusiasme anak-anak muda terhadap kegiatan ini. Banyak sekali artikel yang dikirimkan berisi gagasan ilmiah yang sayang sekali apabila tidak dikembangkan lebih lanjut. Tim Juri menyebut ke-50 artikel itu sebagai karya yang membanggakan dan keren. Baik dari sisi ide maupun tujuan yang ingin dicapai.

Baca juga : Kementerian ESDM Jalin Kerja Sama Energi Bersih Di Pedesaan Terpencil

Kata Agus Pambagio, sebagian besar memang masih bersifat konsep atau percobaan dalam kelas laboratorium, belum diproduksi secara masal dan mempunyai nilai keekonomian yang efisien, serta menguntungkan dari sisi investor dan publik.

“EBT yang tadinya hanya berbasis pada mikro hidro, tenaga surya, bayu atau angin, geothermal, dan biomass, di tangan para milenial kreatif bisa dikembangkan menggunakan berbagai teknologi, seperti aplikasi, penggunaan bio hidrogen, pengembangan rumput laut dan sebagainya. Bahkan, muncul ide penggunaan mikro organisme dan lithium sebagai sumber EBT,” papar Agus Pambagio.

Menurut Agus Sudibyo, kompetisi ini akan lebih bermakna apabila tidak berakhir pada penyerahan hadiah dan piagam untuk pemenang. “Lebih berharga jika ada tindak lanjutnya. Hendak diapakan dan dikemanakan gagasan-gagasan bagus dalam karya tulis ini?” katanya.

Dia mengusulkan, agar Menteri ESDM atau pemerintah memberikan fellowship penelitian kepada pemenang yang karyanya masuk 10 terbaik kompetisi ini. Sehingga, mereka yang kebanyakan mahasiswa berprestasi di kampusnya itu, bisa melakukan riset lanjutan.

Baca juga : Waskita Karya Bantu Percepatan Pembangunan Di Kalimantan Utara

Mamit Setiawan mengusulkan agar kompetisi ini bisa terus dilakukan setiap tahun. “Saya yakin perkembangan EBT semakin maju. Ide, inovasi, explorasi dan riset dari anak muda akan terkait pengembangan energi alternatif, akan maju dan berkembang,” katanya. [Ratna Susilowati]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.