Dark/Light Mode

Malam Ini Menteri ESDM Kick Off IYSRE

Generasi Muda Semakin Aktif Kampanyekan EBT

Rabu, 17 Maret 2021 06:36 WIB
Menteri ESDM Arifin Tasrif. (Foto: Istimewa)
Menteri ESDM Arifin Tasrif. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Generasi muda penggiat Energi Baru Terbarukan (EBT) semakin aktif bergerak. Society of Renewable Energy (SRE), yang anggotanya ribuan orang, berasal dari 34 kampus seluruh Indonesia berkolaborasi dengan Rakyat Merdeka dan RMid, menggelar event besar, yaitu International Youth Summit for Society of Renewable Energy (IYSRE).

Ini adalah The Biggest Indonesian Student Organization in Energy Sector. tema umum IYSRE 2021 adalah Complexities of Executing the Current Energy Transition Towards New and Renewable Energy in Indonesia.

Berita Terkait : Menteri ESDM: Penting, Pelibatan Masyarakat Dalam Transisi Energi

Sejumlah event terkait IYSRE digelar mulai bulan ini hingga puncaknya pada bulan Agustus mendatang. Kick off sebagai tanda dimulainya gelaran IYSRE dilakukan malam ini, Pukul 19.00 WIB, menghadirkan Menteri ESDM Arifin Tasrif,sebagai pembicara kunci, memaparkan tentang Kondisi Mutakhir transisi energi nasional dan Strategi Kementerian ESDM.

 

Baca Juga : Banyak Yang Minta Kerja

Direktur Rakyat Merdeka, Kiki Iswara Darmayana akan menyampaikan sambutan pembuka. Sedangkan narasumber yang akan hadir yaitu Dadan Kusdiana (Dirjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian ESDM), Dyah Roro Esti (Anggota DPR RI Komisi VII bidang Energi Sumber Daya Mineral, Lingkungan Riset dan Teknologi) dan Zagy Yakana Berian (founder Society Renewable Energy).

Kegiatan IYSRE akan dilaksanakan secara virtual melalui platform zoom, dengan kapasitas 1.000 peserta. Sampai tadi malam, peminat acara ini cukup membludak. Ini tentu sangat menggembirakan. Generasi muda rupanya memiliki ketertarikan luar biasa pada pengem bangan energi baru terbarukan.

Baca Juga : Sektor Pariwisata Siap “On” Lagi

Dalam kick off malam ini, Rakyat Merdeka dan SRE juga akan meluncurkan Essay Competition atau Kompetisi Nasional Penulisan Artikel Mengenai Energi Baru Terbarukan Piala Menteri ESDM. Targetnya, mengajak generasi muda untuk ikut menyumbang saran, pandangan dan pemikiran bagi pengembangan energi baru terbarukan di negerinya sendiri. Tulisan-tulisan terbaiknya, nanti akan dibukukan.

Untuk diketahui, SRE adalah wadah pergerakan mahasiswa untuk Indonesia yang memiliki ketertarikan pada bidang pengembangan dan penggunaan energi baru terbarukan. Pendirinya, Zagy Yakana Berian melahirkan SRE pada Juli 2019, saat masih berkuliah di Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara, Institut Teknologi Bandung. Jejaknya diikuti sejumlah mahasiswa, yang lalu membuka SRE di kampus ITS, UGM dan UI. Kini, SRE telah terbentuk di 34 kampus di seluruh Indonesia. [TIM]