Dark/Light Mode

Neraca Perdagangan Surplus Rp 31 T, BI Happy

Kamis, 20 Mei 2021 23:40 WIB
Gedung Bank Indonesia. (Foto: ist)
Gedung Bank Indonesia. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Neraca perdagangan Indonesia kembali mencatatkan nilai positif atau surplus sejak Mei 2020. 

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), neraca perdagangan Indonesia April 2021 kembali surplus sebesar 2,19 miliar dolar AS atau Rp 31,47 triliun. Jumlah tersebut meningkat dibandingkan dengan surplus bulan sebelumnya sebesar 1,57 miliar dolar AS atau Rp 22,56 triliun.

Baca juga : Soal 75 Pegawai KPK yang Tak Lulus TWK, BPIP: Wajar

"Ke depan, Bank Indonesia (BI) terus memperkuat sinergi kebijakan dengan pemerintah dan otoritas terkait untuk mendukung pemulihan ekonomi," tulis keterangan BI, Kamis (20/5).

Surplus neraca perdagangan April 2021 dipengaruhi oleh surplus neraca perdagangan nonmigas yang berlanjut dan defisit neraca perdagangan migas yang menurun. Pada April 2021, surplus neraca perdagangan nonmigas sebesar 3,26 miliar dolar AS atau Rp 46,8 triliun. Jumlah tersebut meningkat dibandingkan dengan surplus pada Maret 2021 sebesar 2,94 miliar dolar AS atau Rp 42,2 triliun.

Baca juga : Ekspor Pertanian Ke China Surplus Rp 24 T

Diketahui, perkembangan itu dipengaruhi oleh peningkatan ekspor menjadi sebesar 17,52 miliar dolar AS pada April 2021 atau Rp 251,8 triliun. Hampir seluruh komoditas ekspor utama mencatat kinerja positif, diantaranya besi dan baja, biji logam, serta mesin dan perlengkapan elektrik. 

Ditinjau dari negara tujuan, ekspor nonmigas ke China dan Korea Selatan meningkat di tengah ekspor nonmigas ke Amerika Serikat yang tetap terjaga. Sementara itu, impor nonmigas tetap tinggi pada seluruh komponen, sejalan dengan membaiknya aktivitas ekonomi domestik.

Baca juga : 3 Industri Pengolahan Sumbang Surplus Ekspor, Ini Daftarnya

 Sementara defisit neraca perdagangan migas menurun dari 1,37 miliar dolar AS atau Rp 19,6 triliun pada Maret 2021 menjadi 1,07 miliar AS atau Rp 15,3 triliun), dipengaruhi oleh impor migas yang menurun dan ekspor migas yang meningkat. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.