Dark/Light Mode

Demi Wujudkan Kesejahteraan ASN di Hari Senja

TASPEN Hadirkan Program Wirausaha Pintar ASN Di Bali

Senin, 7 Juni 2021 12:18 WIB
Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Persero) atau TASPEN menggelar kegiatan Pelatihan Program Wirausaha Pintar Aparatur Sipil Negara (ASN) di Hilton Bali Resort, Jumat (4/6). (Foto: Humas Taspen)
Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Persero) atau TASPEN menggelar kegiatan Pelatihan Program Wirausaha Pintar Aparatur Sipil Negara (ASN) di Hilton Bali Resort, Jumat (4/6). (Foto: Humas Taspen)

 Sebelumnya 
Melalui pelatihan ini, wawasan para ASN dan calon pensiunan diharapkan dapat terbuka. Sehingga, mereka dapat mengetahui usaha yang cocok dan sesuai dengan hobi dan keseharian kehidupan mereka.

“Kami berharap, pada tahun 2021 ini, Program Wirausaha Pintar ASN dapat melakukan pelatihan dan pendampingan kepada 1000 orang ASN TASPEN, untuk pembekalan kegiatan wirausaha. Ini adalah bukti kepedulian TASPEN untuk mewujudkan kesejahteraan yang berkelanjutan bagi para anggotanya dalam mempersiapkan hari senja," jelas Kuspriyani.

"Pemilihan lokasi pelatihan di Bali adalah bentuk dukungan TASPEN, sebagai bagian dari BUMN bagi Program Pemulihan Ekonomi Nasional Pemerintah Indonesia, yaitu Work From Bali yang memiliki tujuan menghidupkan pariwisata dan perekonomian di Bali,” imbuhnya.

Terkait hal ini, Sekda Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk membantu pemulihan perekonomian Indonesia.

Baca juga : KPK Baru Tetap Galak

"Saya mengapresiasi TASPEN atas pemilihan Bali sebagai lokasi pelatihan, serta kepeduliannya untuk memberikan program Wirausaha kepada ASN. Ini merupakan salah satu upaya, untuk menghilangkan stigma yang melekat bahwa pensiunan adalah orang yang tidak berdaya," papar I Wayan Adi.

"Saya harap, kegiatan ini akan menimbulkan semangat baru bagi ASN, untuk terus berkarya setelah dalam masa tuanya," sambungnya.

Program Wirausaha Pintar telah mendapatkan apresiasi yang dibuktikan dengan masuknya program ini dalam Top 45 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik 2019 dan TOP Inovasi Pelayanan Publik Kategori Outstanding Achievement of Public Service Innovation 2020.

Penghargaan tersebut diserahkan secara langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) Tjahjo Kumolo.

Baca juga : Luhut Cs Lagi Gencarkan Program Work From Bali

Beberapa bidang usaha Wirausaha Pintar TASPEN yang telah berjalan antara lain adalah Rumah Pangan Kita yang bekerjasama dengan Bulog, Kios Warga yang bekerjasama dengan PT JSS, Hidroponik dan juga Ternak Lele.

Selain melakukan pelatihan melalui Program Wiraswasta Pintar ASN, di hari pelatihan berikutnya, TASPEN juga melakukan pelatihan kepada sejumlah mitra binaan yang memperoleh bantuan dana kemitraan dari TASPEN.

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kapabilitas mitra binaan TASPEN. Sehingga, usaha yang dijalankan dapat terus berkembang.

“Kegiatan pelatihan tidak hanya berhenti sampai di sini saja. Kami juga akan melakukan pendampingan kepada para ASN yang akan berwirausaha, dan kepada seluruh mitra binaan milik TASPEN. Secara berkelanjutan, TASPEN akan bersinergi dengan Bank Mantap dalam hal permodalan usaha ASN ini,” pungkas Kuspriyani.

Baca juga : Senator: Ayo, Gencarkan Program Petani Milenial

Sebagai kanal informasi dapat menghubungi Call Center 1500919, masyarakat dapat mengunjungi situs resmi www.taspen.co.id, dan media sosial Facebook @taspen, Twitter @taspen, dan Instagram @taspen.kita. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.