Dark/Light Mode

Gaet Kampus, BGK Percepat Pencapaian SDGs Lewat UKM

Rabu, 9 Juni 2021 22:46 WIB
Pimpinan Badan Global Karbon (BGK), Ahmad Deni Daruri (kanan) bersama pimpinan STIE di Jakarta, Rabu (20/6)
Pimpinan Badan Global Karbon (BGK), Ahmad Deni Daruri (kanan) bersama pimpinan STIE di Jakarta, Rabu (20/6)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bumi Global Karbon (BGK), terus membantu Pemerintah dalam percepatan pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). 

Kali ini, BGK melakukan penandatangan perjanjian kerja sama dengan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Indonesia, Jakarta, Selasa (8/6).

Penandatanganan ini bertujuan untuk membantu Pemerintah dalam percepatan pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs), secara maksimal melalui laporan keberlanjutan/Sustainability Report (SR) Usaha Kecil Menengah (UKM).

Kerja sama tersebut membentuk wadah baru dengan nama STEI Sustainability and Climate Center (SSCC). Di mana, SSCC berkantor di Jl Kayu Jati Raya No 11A, Rawamangun, Jakarta.

Baca juga : Kebut Pemulihan Kinerja, Garuda Indonesia Percepat Pengembalian Sewa Armada

"Wadah ini bertujuan untuk menyiapkan sumber daya manusia yang cakap dan kompeten sehingga dapat mengasistensi UKM dalam menyusun SR. Sumber daya manusia di SSCC terdiri dari mahasiswa dan dosen pengajar," papar Pimpinan Badan Global Karbon (BGK), Ahmad Deni Daruri, Jakarta, Rabu (9/6).

Saat ini, BGK telah mengembangkan aplikasi teknologi yang dapat melakukan pembuatan SR secara instan dan efisien untuk pelaku usaha, yaitu Cerah SR Tool. 

"Tool ini memudahkan SDM SSCC mengasistensi pelaku usaha dan menyusun SR. Cerah SR Tool telah didisain sedemikian rupa supaya user friendly, dapat mendukung operasi bisnis pelaku usaha dengan tetap memenuhi ketentuan standar pelaporan keberlanjutan internasional, seperti  the Global Reporting Initiatives (GRI), pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) dan juga faktor Environmental Social & Governance dari pasar modal terkemuka di dunia," ujarnya.

Perusahaan yang diwakili oleh inputter dari SSCC ini hanya perlu menginput data sesuai pertanyaan dari Cerah SR Tool dan setelah selesai proses input, sistem akan otomatis mengenerate data tersebut, menjadi sebuah laporan dalam bentuk PDF yang telah termasuk design dan layout laporan.

Baca juga : Quattrick Raih WTP, Amarta: Pencatatan Aset DKI Makin Rapi

"SR yang disiapkan telah sesuai dan mematuhi peraturan nasional, seperti Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) nomor 51/POJK.03 tahun 2017 dan kerangka pelaporan internasional seperti Global Reporting Initiative (GRI) Standard, Sustainable Development Goals dan kriteria Environmental, Social, Governance (ESG)," tuturnya.

Dijelaskan Deni, manfaat dari SR bagi UKM adalah SR dapat digunakan sebagai informasi publik atas kinerja UKM, menjadi nilai tambah UKM yang dapat meningkatkan kepercayaan dari pelanggan, kreditur dan investor. 

Dengan begitu, SR pemilik UKM dapat mengetahui pencapaian Sustainable Development Goals (SDG) masing-masing, mengetahui pemakaian energi UKM per satuan produk atau jasa yang dihasilkan dan memitigasi risiko supaya operasional menjadi lebih efisien, serta terukurnya emisi gas rumah kaca yang dihasilkan dari kegiatan usaha sehingga mendukung inisiatif Pemerintah terkait nationally determined contribution.

"Manfaat SR UKM bagi Pemerintah adalah media pengawasan dan pengukuran pencapaian SDGs perusahaan di bawah Kementerian, memudahkan mitigasi dampak dari perubahan iklim serta menjadi rekam jejak keuangan berkelanjutan dan kinerja Environmental, Social, Governance (ESG)," papar Deni.

Baca juga : Gratis, Polteknaker Buka Penerimaan Mahasiswa Baru

Dengan adanya STEI Sustainability and Climate Center ini, Deni berharap dapat  memberikan nilai tambah bagi banyak pemangku kepentingan baik sumber daya manusia dari SSCC, UKM dan Pemerintah Indonesia. [MFA]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.