Dark/Light Mode

Biar Tembus Pasar Global

Presiden Dorong Produk Kerajinan Lokal Go Online

Kamis, 25 April 2019 20:06 WIB
Presiden Jokowi saat menghadiri pembukaan The 21st Jakarta International Handicraft Trade Fair (INACRAFT) 2019, di JCC, Jakarta Pusat. (Istimewa)
Presiden Jokowi saat menghadiri pembukaan The 21st Jakarta International Handicraft Trade Fair (INACRAFT) 2019, di JCC, Jakarta Pusat. (Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Joko Widodo resmi membuka pameran Jakarta International Handicraft Trade Fair (Inacraft 2019) di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, kemarin. Dalam pidatonya, Jokowi mendorong Inacraft untuk go online agar bisa menggarap pasar global. Jokowi mengaku, ekosistem offline Inacraft 2019 sudah cukup matang. Apalagi, semua produsennya juga telah melalui seleksi yang ketat.

“Dari tahun ke tahun, penyelenggaraan Inacraft selalu menunjukkan peningkatan baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya,” ujarnya.

Baca juga : Bikin Panggung Gemb1ra, Para Milenial Syukuran Kemenangan Jokowi

Oleh karena itu, Jokowi mendorong Inacraft mulai memperluas pasar ke arah digital atau go online agar bisa menembus pasar global. Menurutnya, saat ini ekosistem offline atau luar jaringan (luring) produk-produk kerajinan sudah siap sehingga tidak akan sulit mengangkatnya ke sistem daring.

“Diangkat saja ke ekosistem online, nanti ada marketplace nasionalnya di link-an dengan global marketplace, maka akan sambung,” ungkap Jokowi.

Baca juga : Notre-Dame Terbakar, Presiden Macron Batalkan Acara

Ia mengatakan, melalui kanal online, potensi produkproduk kerajinan Indonesia untuk merambah pasar global menjadi sangat besar. “Produk-produk yang dipasarkan di Inacraft 2019 kualitasnya terjamin,” katanya.

Jokowi berpesan, kualitas merupakan kunci utama untuk menembus pasar global. Tak hanya itu, produsen juga perlu mengemas produknya dengan brand supaya dapat menarik minat pembeli mancanegara. “Saya selalu menyampaikan kita harus terus kreatif dan inovatif dalam membuka pasar dan penetrasi pangsa pasar internasional dengan mencari pasar non tradisional, meningkatkan kualitas produk dan brand karena konsumen internasional juga sangat menyukai brand,” kata Presiden.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.