Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dipegang PHR, Produksi Minyak Blok Rokan Dijamin Tetap Joss

Selasa, 22 Juni 2021 21:34 WIB
Diskusi virtual soal Blok Rokan yang digelar Ruangenergi.com, Selasa (22/6). (Foto: ruangenergi.com)
Diskusi virtual soal Blok Rokan yang digelar Ruangenergi.com, Selasa (22/6). (Foto: ruangenergi.com)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) akan berupaya optimal untuk menjaga level produksi minyak di Blok Rokan agar tidak turun saat peralihan pengelolaan dari PT Chevron Pasific Indonesia (CPI) dilakukan.

Bussiness Support Project Leader PHR, Danang Ruslan Saleh mengungkapkan, manajemen optimis level produksi akan meningkat setelah dikelola langsung oleh Pertamina Grup.

Saat ini, PHR terus berkomunikasi secara intensif dengan CPI, selaku operator yang akan selesai kontrak kerjanya di blok tersebut pada 9 Agustus 2021 mendatang.

Baca juga : Sebelum Diserahkan Ke Pertamina, Masalah Blok Rokan Harus Dituntaskan

Proses sharing data produksi dan sharing teknologi dipastikan masih berjalan dan diharapkan setelah masa transisi ini tidak ditemui kendala yang dapat mengganggu produksi.

"Saya sampaikan bahwa kami dituntut oleh pemerintah atau korporasi untuk bisa naik produksinya. Jadi kalau ada kekhawatiran nanti produksi turun (selama proses transisi) itu sudah kami antisipasi. Kami terus berkoordinasi dengan CPI. Semangat kami adalah growth untuk tumbuh itu harapan kami 5 tahun ke depan," ujar Danang dalam siskusi virtual yang digelar ruangenergi.com, Selasa (22/6).

Seperti diketahui Blok Rokan merupakan KKKS (Kontraktor Kontrak Kerja Sama), yang merupakan salah satu lapangan terbesar di Indonesia, dengan kontribusi mencapai 25 persen produksi minyak bumi dari total produksi nasional. Saat ini jumlah produksi minyak dari Blok ini sekitar 165-170 MBOPD.

Baca juga : Tanpa APBN, Proyek Kereta Api Makassar-Parepare Tetap Jalan

Danang juga memastikan, PHR akan terus melakukan investasi agar level produksi ke depan tetap terjaga dengan baik. Proyek pemboran juga dipastikan akan tetap berlanjut untuk menemukan titik-titik baru sumber minyak.

PHR bersama SKK Migas secara intensif melakukan pembahasan dan persiapan untuk mengelola blok itu secara mandiri tanpa CPI.

"Secara overall kami sudah melakukan kesepakatan dengan SKK Migas untuk menyelesaikan masalah lingkungan kemudian perizinan kami juga bersama operator lama untuk menyelesaikannya, so far akhir bulan ini kami harap sudah bisa didapatkan," tandasnya.

Baca juga : Cetak Rekor, Produksi Pupuk Indonesia Tembus 12,26 Juta Ton

Dalam acara yang sama, PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN menjamin pasokan listrik di Blok Rokan tetap aman, meskipun pada 9 Agustus 2021 nanti sudah dikelola oleh PT Pertamina (Persero) melalui anak usahanya, PHR.

Selama dikelola CPI, pasokan listrik untuk blok Rokan ini berasal dari Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) yang dimiliki PT Mandau Cipta Tenaga Nusantara (MCTN), yang mayoritas sahamnya dimiliki Chevron Standar Ltd (CSL).

Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Bob Saril menjelaskan, selama proses transisi pengelolaan blok Rokan dari CPI ke PHR, sudah dilakukan pembahasan mengenai penyediaan listriknya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.