Dark/Light Mode

Jaga Produksi Migas

PLN Amankan Pasokan Listrik Buat Blok Rokan

Sabtu, 26 Juni 2021 07:33 WIB
PLN tengah menyiapkan pasokan listrik andal untuk Blok Rokan. (Foto : Dok. PLN).
PLN tengah menyiapkan pasokan listrik andal untuk Blok Rokan. (Foto : Dok. PLN).

 Sebelumnya 
Tahap pertama, masa transisi dengan meman­faatkan pembangkit lis­trik existing yang akan berlangsung selama 3 tahun, mulai 9 Agustus 2021. Tahap kedua, masa layanan permanen akan mengandalkan pembang­kit dan jaringan PLN yang dimulai pada 2024.

“Kami akan ambil dari Sistem Sumatera yang su­dah cukup besar kesediaan dayanya dan sistemnya, baik disuplai dari sistem dari Se­latan maupun Utara melalui sistem 275 KV (Kilo Volt) dan akan menjadi 500 KV dalam satu tahun ini sudah bisa masuk,” ucap Bob.

Baca juga : Jaga Produksi Migas, Ini Strategi PLN Amankan Pasokan Listrik Blok Rokan

Rencananya, listrik Blok Rokan sekitar 400 MW dipasok dari sistem kelis­trikan Sumatera dan uap 335 ribu barel standar per hari dengan menggunakan New Steam Generator. PLN membutuhkan waktu sekitar tiga tahun untuk membangun interkoneksi listrik sistem Sumatera ke Blok Rokan.

Dalam kurun waktu terse­but, sambung dia, perseroan akan memanfaatkan PLTG North Duri Cogen MCTN 300 MW dan didukung PLTG Minas dan Central Duri sebesar 130 MW.

Baca juga : Dipegang PHR, Produksi Minyak Blok Rokan Dijamin Tetap Joss

Selain itu, penyediaan pasokan listrik yang handal dari Sistem Sumatera ke Blok Rokan dilakukan dari tiga sumber, yakni melalui transmisi New Garuda Sakti – Balai Pungut, kapa­sitas 290 MW. Kemudian, melalui transmisi Duri – Balai Pungut, kapasi­tas 240 MW dan melalui pembangkit Balai Pungut sebesar 250 MW.

“Harapan kami adalah, kalau satu ada kendala, masih ada dua backup,” tutupnya. [IMA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.