Dark/Light Mode

Kasus Covid Melonjak

Pelni Wajibkan Penumpang Bawa Hasil Tes Antigen Atau PCR

Senin, 28 Juni 2021 16:49 WIB
Tampak petugas kesehatan sedang memeriksa kesehatan kru kapal. (Foto: Istimewa)
Tampak petugas kesehatan sedang memeriksa kesehatan kru kapal. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
"Perusahaan mengharapkan kerjasama segenap pemangku kepentingan kepelabuhanan untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat dalam melakukan screening kepada penumpang yang dimulai saat memasuki area terminal pelabuhan hingga tiba di pelabuhan tujuan," ujarnya.

Sebagai bentuk keseriusan perusahaan dalam meningkatkan protokol kesehatan dalam pelayaran, saat ini 26 kapal penumpang Pelni telah dilengkapi dengan fasilitas GeNose C-19. Pelni menyediakan fasilitas GeNose sebagai alat screening kesehatan seluruh kru kapal yang bertugas.

Baca juga : Kasus Covid Di DKI Melonjak, Perpustakaan Umum Ditutup Sementara

"Fasilitas ini juga dapat dipergunakan oleh penumpang kapal untuk melakukan screening kesehatan yang tiba-tiba memiliki gejala tertentu selama pelayaran. Silakan menghubungi petugas kesehatan kapal untuk melakukan tes GeNose C-19," jelasnya.

Opik menambahkan, kru kapal juga secara rutin melakukan penyemprotan disinfektan dan pembersihan pada ruang-ruang kapal, seat/kasur penumpang, serta penyediaan handsanitizer pada sudut-sudut kapal.

Baca juga : Gubernur NTT dan Sulteng Imbau Kadin Daerah Tak Hadiri Munas di Kendari

"Selama berada di atas kapal, para penumpang juga diwajibkan untuk menggunakan masker dan menjaga jarak antar penumpang serta sejumlah persyaratan penerapan protokol kesehatan lainnya," ujar Opik. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.