Dark/Light Mode

Bisnis Data Center Moncer, Indonet Raup Pendapatan Rp 126,4 M

Senin, 28 Juni 2021 21:14 WIB
Jajaran direksi Indonet. (Foto: ist)
Jajaran direksi Indonet. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Indointernet Tbk (Indonet), penyedia layanan infrastruktur digital membukukan pendapatan usaha sebesar Rp 126,4 miliar di kuartal I-2021. Dengan pendapatan tersebut, perseroan kantongi laba bersih sebesar Rp 20,9 miliar.

Indonet dinilai mampu mempertahankan rasio profitabilitas dengan baik. Hal ini mengingat Indonet menjalankan berbagai strategi bisnis dalam menyambut permintaan pasar, terutama pada bisnis data center melalui pengembangan konektivitas dan membangun fasilitas data center di berbagai pusat kota.

"Di mana ini pendorong utama ekonomi digital, termasuk pertumbuhan berbagai bisnis UKM dan korporasi untuk perekonomian yang berkelanjutan,” ucap Direktur Utama Indonet, Karla Winata dalam keterangan resminya, Senin (28/6).

Baca juga : Kuartal I, Jasa Marga Raup Pendapatan Rp 2,7 T

Secara rinci, Karla menjelaskan, kinerja keuangan perusahaan pada periode 2018-2020, Pendapatan Usaha Perseroan terus tumbuh dengan Compounded Annual Growth Rate (CAGR) sebesar 46 persen, atau menyentuh angka Rp 475,7 miliar. 

Sementara pada periode yang sama, laba bersih tumbuh dengan CAGR 29 persen. Di 2020, perseroan membukukan laba sebesar Rp 122 miliar. "Kami optimis dapat mempertahankan kinerja yang baik pada 2021 untuk mencapai double digit growth," ujarnya.

Saat ini, Indonet tengah fokus mengembangkan layanan yang terintegrasi, seperti HyperScale conneX dengan menyediakan layanan multi konektivitas dengan menghubungkan koneksi internet ke berbagai platform digital, seperti data center dan multi cloud global.

Baca juga : Pendapatan Medco Naik 8,56 Persen

Indonet membangun ekosistem digital yang terdiri dari: penyedia layanan cloud global, perusahaan-perusahaan di sektor finansial, logistik, e-commerce, serta pengguna korporasi maupun individu lain.

Melalui anak usahanya PT Ekagrata Data Gemilang, Indonet tengah menyelesaikan pembangunan EDGE DC 1 dengan kapasitas IT Load 6MW yang terletak di pusat kota yang akan memberikan kemudahan akses data dengan latensi rendah. 

Salah satu pencapaian Indonet di Q2 2021 adalah delivery layanan data center kepada salah satu penyedia cloud global. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.