Dark/Light Mode

Isu Kelangkaan Cuma Isapan Jempol

Pasokan Gula Buat UMKM Di Jawa Timur Berlimpah

Sabtu, 10 Juli 2021 05:25 WIB
Ilustrasi gula pasir. (Foto : shutterstock.com).
Ilustrasi gula pasir. (Foto : shutterstock.com).

 Sebelumnya 
Sudah Konfirmasi Ke Disnaker

Direktur Industri Makanan, Hasil Laut, dan Perikanan Ke­menterian Perindustrian Supria­di geleng-geleng mendengar isu kelangkaan gula, yang kembali merebak di Jatim. Menurutnya, data yang disebarkan, tidak bisa dipertanggung-jawabkan. Apalagi, dikaitkan dengan

Baca juga : PPKM Darurat, Angkasa Pura I Sesuaikan Jadwal Operasional Di 4 Bandara

Peraturan Menteri Perindus­trian (Permenperin) Nomor 3 Tahun 2021 tentang Jaminan Ketersediaan Bahan Baku Indus­tri Gula Dalam Rangka Pemenu­han Kebutuhan Gula Nasional.

Dia menuturkan, isu ini mun­cul setelah ada Organisasi Ke­masyarakatan menyampaikan hasil kajian. Dia meragukan akurasinya. Sebab, mereka tidak melakukan konfirmasi dan koor­dinasi ke pihaknya sebagai pembuat Permenperin Nomor 3/2021.

Baca juga : Panglima TNI Pastikan Vaksinasi Covid-19 Di DKI Terus Berjalan

“Kalau memang ada sekian ribu IKM (Industri Kecil dan Menengah) yang tutup, ada sekian ratus ribu yang kena PHK massal, itu kan harusnya diteliti dulu. Apakah memang akibat Permenperin Nomor 3 Tahun 2021? Akibat tidak adanya gula? Atau karena hal-hal lainnya. Itu kalau memang terbukti. Mereka harusnya menyampaikan ke kita, sebelum jadi ramai seperti ini. Tapi ini kan nggak. Kalau ada niat baik, mestinya pemerintah diberi masukan, agar kebijakan ke depan menjadi lebih baik,” imbuhnya.

Supriadi menjelaskan, pihaknya sudah mengkonfirmasi ke Direktorat Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA). Setelah Dirjen IKMA melaku­kan koordinasi dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jawa Timur dan kabupaten/kota di wilayah tersebut, isu kelangkaan gula di provinsi Jatim tidak terbukti.

Baca juga : PLN Jamin Pasokan Listrik Di Jawa - Bali Aman

“Biasanya, kalau ada masalah, Direktorat IKMA memang menghubungi pihak-pihak tersebut. Mereka juga sudah menghubungi Dinas Tenaga Kerja, tak ada masalah PHK akibat kolapsnya IKM karena sulit mendapatkan gula rafinasi. Se­cara logika, kalau ada IKM yang sekian ribu tutup, apalagi PHK sekian ratus ribu, pasti ramai di media,” paparnya. [NOV]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.