Dark/Light Mode

Percepat Proses Layanan, Pelindo 1 Terapkan Autogate System Di TPK Belawan

Rabu, 14 Juli 2021 14:59 WIB
Penerapan Autogate System di Terminal Peti Kemas (TPK) Belawan, Sumatera Utara. (Foto: Pelindo 1)
Penerapan Autogate System di Terminal Peti Kemas (TPK) Belawan, Sumatera Utara. (Foto: Pelindo 1)

 Sebelumnya 
NLE berorientasi pada kerja sama antar instansi pemerintah dan swasta, melalui pertukaran data, simplifikasi proses, penghapusan repetisi dan duplikasi. NLE juga merupakan ekosistem yang didukung oleh sistem teknologi informasi mencakup seluruh proses logistik terkait dan menghubungkan sistem-sistem logistik yang telah ada.

Untuk mendukung program tersebut, TPK Belawan telah menyelaraskan Delivery Order (DO) online dan Surat Perintah Pemeriksaan (SP2) online melalui NLE sebagai single platform yang harus diakses pengguna jasa. Dengan program NLE, data kepabeanan dan kepelabuhanan akan diintegrasikan sehingga memudahkan seluruh stakeholders dalam menjalankan proses bisnis. "Manajemen kargo di pelabuhan saat ini akan lebih mudah termonitor," akunya.

Melalui penerapan Autogate System yang telah diujicobakan pada 6 Juli 2021 ini, ia berharap, dapat meningkatkan kinerja gate dan meminimalisir permasalahan-permasalahan yang ada selama ini. "Kami harap, hal ini juga dapat meningkatkan sistem keamanan pelabuhan karena tidak semua kendaraan dapat bebas lalu lalang di pelabuhan yang telah menerapkan ISPS (The International Ship and Port Facility Security) Code," ujarnya.

Kini, layanan bisnis di pelabuhan akan semakin mudah dan cepat sehingga mampu meningkatkan efisiensi yang mendukung program NLE. "Jadi, bisa untuk mendorong pertumbuhan perekonomian daerah maupun nasional," tutupnya. [IMA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.