Dark/Light Mode

3 Contoh Proposal Bisnis Kuliner dan Kerajinan

Senin, 19 Juli 2021 22:55 WIB
Proposal usaha/Ilustrasi (Foto: Istimewa)
Proposal usaha/Ilustrasi (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perencanaan sebuah bisnis akan menentukan masa depan bisnis yang sedang dikelola. Salah satu cara memperoleh kesuksesan tersebut adalah menggunakan proposal untuk penawaran usaha.

Proposal usaha di bidang kuliner dan kerajinan bertujuan sebagai tools marketing, agar berkesempatan untuk mengelola bisnis bersama investor. Tiga contoh proposal usaha dagang makanan (kuliner) dan kerajinan di berikut, sebagaimana dikutip psyline.id, bisa menjadi acuan dalam membuat penawaran yang menarik bagi sponsor atau investor.

Cara membuat proposal adalah dengan menyajikan informasi perusahaan yang sedang dikelola agar dipahami pihak terkait. Kemudian diberi kepercayaan mengelola dana dalam bentuk modal tambahan dan meningkatkan rating penjualan. Berikut contohnya:

Contoh Proposal Usaha Kuliner: Bakso Gila

1. Nama Perusahaan: Industri Kecil Rumahan “Bakso Gila”
Kami pemilik UKM bernama Bakso Gila ingin menjadikan kuliner bakso yang berbeda. Menyajikan hidangan yang higienis, lezat, dan pedas sesuai lidah orang Indonesia.

Tujuan Utama
Mensosialisasikan produk kuliner ini dengan bahan dasar daging berkualitas untuk bakso yang lezat. Kemudian membantu para petani cabe dalam memasarkan produksi cabe. Sehingga menciptakan hidangan lezat dan turut mendukung kesejahteraan para petani.

Latar Belakang
a. Tingginya peminat bakso namun khawatir dengan kualitas dan proses pengolahannya.
b. Tingginya konsumen yang menyukai sajian pedas.
c. Petani cabe di sekitar lokasi UKM Bakso Gila masih kebingungan memasarkan produknya ke konsumen.
 Selanjutnya