Dark/Light Mode

Erick: Ekonomi Digital Bikin Persaingan Makin Keras

Senin, 14 Juni 2021 22:03 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir (Foto: Rizky Syahputra/RM)
Menteri BUMN Erick Thohir (Foto: Rizky Syahputra/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri BUMN Erick Thohir mendorong perusahaan-perusahaan BUMN menjadikan digitalisasi dan inovasi, sebagai pondasi dalam menghadapi persaingan sangat keras akibat hilirisasi ekonomi digital.

"Digitalisasi dan perubahan ekonomi digital, percepatan teknologi dan inovasi, harus menjadi pondasi yang tidak kalah pentingnya," ujar Menteri BUMN Erick Thohir di Jakarta, seperti dilansir Antara, Senin (14/6) malam.

Menurut Erick Thohir, kondisi saat ini sudah berubah di mana hilirisasi pertambangan dapat mengubah nikel menjadi baterai listrik.

Baca juga : Eriksen Mendingan Gantung Sepatu

Namun, dia menambahkan hilirisasi ekonomi digital sebagai akibat dari dampak digitalisasi dan percepatan teknologi, menjadi salah satu sektor yang sangat berat dan menyeramkan, di mana pasar daring atau e-commerce kewalahan akibat persaingan super keras antara pelaku usaha online di dalamnya.

"Ketika UMKM kita menciptakan produk seharga Rp 200 ribu, tiba-tiba masuk barang asing dengan harga Rp 25 ribu, dengan kualitasnya sama tetapi unggul karena faktor dumping pricing," ujar Erick Thohir.

Menurutnya, realitas tersebut harus dihadapi secara bersama oleh semua pihak. Karena itu BUMN-BUMN harus melakukan inovasi dan sebagainya, guna menghadapi dampak akibat digitalisasi dan percepatan teknologi. Terutama, hilirisasi ekonomi digital.

Baca juga : Travel Dan E-Commerce Bakalan Makin Melejit

Selain itu, Menteri BUMN itu juga memaparkan sejumlah strategi lainnya untuk membenahi BUMN seperti memetakan fokus-fokus BUMN, membuat BUMN menjadi ekosistem yang sehat dan seimbang bagi pengusaha swasta, daerah, pelaku usaha UMKM.

Kemudian memperbaiki proses bisnis BUMN sehingga bisnisnya tidak selalu berdasarkan proyek atau project based.

Melalui proses bisnis yang baik, maka BUMN itu diharapkan mampu bersaing di pasar.

Baca juga : Petani Tebu Merasa Beban Makin Berat

Terakhir, terkait sumber daya manusia atau human capital, Menteri BUMN Erick Thohir ingin BUMN melahirkan pemimpin-pemimpin berkualitas baik di bidang bisnis yang merupakan profesional atau nantinya menjadi pengusaha (entrepreneur). [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.