Dark/Light Mode

Gandeng BRI

Pupuk Kaltim Sediakan Dana Untuk Distributor

Sabtu, 10 Juli 2021 07:13 WIB
PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) menghadirkan kemudahan bagi distributor dan pelanggan korporasi PKT dengan berkolaborasi bersama Bank Rakyat Indonesia (BRI). (Foto : Istimewa).
PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) menghadirkan kemudahan bagi distributor dan pelanggan korporasi PKT dengan berkolaborasi bersama Bank Rakyat Indonesia (BRI). (Foto : Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pupuk Kalimantan Timur/Kaltim (PKT) menggandeng PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), dalam menghadir­kan kemudahan bagi distribu­tor dan pelanggan korporasi PKT. Dengan menyediakan fasilitas pendanaan Distribu­tor Financing (DF) untuk produk pupuk nonsubsidi. Hal itu dilakukan guna mendorong perkembangan industri perta­nian dan perkebunan.

Khususnya melalui keterse­diaan pasokan pupuk secara nasional. Layanan keuangan yang mudah dan cepat di ten­gah pandemi saat ini dibu­tuhkan distributor. Apalagi kalau bukan untuk memenuhi kebutuhan pupuk petani dan pengembangan usaha yang lebih agresif.

Direktur Keuangan dan Umum PKT Qomaruzzaman mengatakan, kerja sama anak usaha PT Pupuk Indonesia (Per­sero) dengan BRI merupakan jawaban atas kebutuhan distribu­tor. Terutama akan akses layanan keuangan yang mudah dan cepat dengan menggandeng BRI.

Baca juga : Bantu Tangani Covid-19, Singapura Serahkan Bantuan Alkes Untuk Indonesia

Fasilitas ini, sambungnya, akan menjadi alternatif pem­biayaan yang memudahkan pembelian pupuk nonsubsidi bagi distributor dan konsumen korporasi. “Serta menjamin ketersediaan pasokan pupuk bagi para petani yang meru­pakan end-user produk-produk pupuk PKT,” ujar Qomaruzza­man saat sosialisasi DF Non­subsidi secara virtual, kemarin.

Kerja sama eksklusif antara PKT dengan BRI juga akan mempermudah para distribu­tor terdaftar, dan mendapatkan layanan keuangan ini sesegera mungkin. Ini dikarenakan adanya sistem terdigitalisasi yang dimiliki oleh kedua perusahaan.

Melalui skema kerja sama ini, para distributor dapat lebih leluasa mengembangkan usahanya. Mereka dapat memilih tenggat waktu pembayaran sesuai kenyamanan dan kemam­puan. Bahkan, membantu men­jaga cash flow keuangan mereka di tengah sulitnya situasi saat ini.

Baca juga : Pelni Sediakan Layanan Vaksinasi Di 4 Pelabuhan

“Distributor juga bisa mem­beli stok pupuk nonsubsidi yang dapat dibiayai terlebih dahulu oleh bank. Selanjut­nya, bank akan menerbitkan jaminan pembayaran kepada PKT,” ujarnya.

Team Member BRI Muham­mad Haeruddin memaparkan, DF merupakan opsi pembiayaan berjangka bagi distributor PKT berdasarkan pembelian produk yang sifatnya kontinyu. Fasilitas ini bersifat eksklusif bagi distributor PKT, yang bisa diakses secara full time (24/7) dan disediakan melalui daring tanpa harus repot mengurus pendanaan secara fisik.

Manfaat lain yang diperoleh distributor, adalah pendanaan bisa ter-cover oleh agunan tam­bahan, yang tidak mengharuskan 100 persen dari plafon yang dia­jukan. Sehingga dapat memberi keleluasaan mengakomodasi bisnis secara keseluruhan. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.