Dewan Pers

Dark/Light Mode

GoTo Group Donasikan 1000 Konsentrator Oksigen Untuk Penanganan Covid-19

Senin, 9 Agustus 2021 19:52 WIB
GoTo Group bantu Pemerintah dalam penanganan Covid-19.
GoTo Group bantu Pemerintah dalam penanganan Covid-19.

RM.id  Rakyat Merdeka - GoTo group teknologi terbesar di Indonesia yang menaungi Gojek, Tokopedia dan GoTo Financial, kembali mendukung Pemerintah dalam penanganan Covid-19 dengan mendonasikan lebih dari 1.000 konsentrator oksigen. 

Bantuan konsentrator oksigen ini akan disalurkan secara bertahap ke berbagai rumah sakit maupun fasilitas kesehatan (faskes) untuk memenuhi kebutuhan pasokan oksigen. 

Tahap pertama, GoTo, melalui organisasi nirlaba Yayasan Anak Bangsa Bisa menyerahkan 200 unit konsentrator oksigen kepada Kementerian Kesehatan. 

Selanjutnya, Kemenkes akan langsung mengoordinasikan penyaluran alat-alat tersebut ke rumah sakit dan faskes yang membutuhkan. 

Berita Terkait : LTM PBNU Ajak Umat Jadikan Masjid Sebagai Pusat Penanggulangan Covid

“GoTo akan mengalokasikan konsentrator oksigen di tahap selanjutnya untuk mendukung program Rumah Oksigen Mobile yang diinisiasikan sebelumnya di Jakarta, termasuk membantu fasilitas kesehatan, baik yang dikelola Pemerintah maupun swasta di Indonesia, sambil tetap berkoordinasi dengan Kemenkes,” ujar CEO GoTo, Andre Soelistyo, Senin (9/8). 

Dalam Program bantuan konsentrator oksigen ini, GoTo juga menggandeng Sequoia India serta sejumlah startup di bawah naungan perusahaan modal ventura tersebut. 

Kegiatan sosial ini mendapat apresiasi dari Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin. Menkes  berterima kasih atas bantuan konsentrator oksigen yang diberikan GoTo dalam penanganan pandemi Covid-19. 

“Bantuan ini sangat bermanfaat bagi rumah sakit dan faskes di Indonesia yang saat ini merawat pasien terpapar Covid-19 dengan kondisi sedang-berat. Pemerintah tidak bisa bekerja sendiri, melainkan harus bersama sama dengan berbagai elemen masyarakat dan pemangku kepentingan,” ujar Andre menyampaikan pesan Menkes bahwa penanganan Covid-19 membutuhkan semangat gotong royong yang telah menjadi jati diri bangsa Indonesia. 

Berita Terkait : BGR Logistics Salurkan Bantuan Penanganan Covid-19 Ke Pemprov DKI

Dengan menggandeng sejumlah startup yang tergabung dalam Sequoia Capital India, Ia berharap kolaborasi ini dapat meringankan Pemerintah dalam menanggulangi Covid-19. 

“Donasi konsentrator oksigen ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan kami sejak awal pandemi terhadap kesiapan dalam penanganan Covid-19 melalui pendekatan yang sistematis dalam mendukung Pemerintah, tenaga medis, mitra, dan karyawan,” kata Andre menambahkan 

Sebelumnya, Go To telah meluncurkan Rumah Oksigen Gotong Royong yang menyuplai oksigen bagi warga terpapar Covid-19 dengan gejala sedang.

Rumah Oksigen Gotong Royong pertama dibangun di Pulogadung, Jakarta Timur, merupakan inisiasi dari GoTo, Kadin Indonesia, Samator, Master Steel, dan didukung oleh Tripatra, Halodoc dan Yayasan Anak Bangsa Bisa. 

Berita Terkait : Syarief Hasan Desak Pemerintah Evaluasi Menyeluruh Penanganan Covid-19

Fasilitas ini memiliki 500 tempat tidur perawatan, dan masing-masing tempat tidur perawatan mendapat akses oksigen yang langsung disuplai dari pabrik gas Samator. 

Presiden Jokowi pun sudah  meninjau langsung Rumah Oksigen Gotong Royong dan menyampaikan apresiasi atas kolaborasi dan gotong royong pelaku usaha dalam menghadirkan fasilitas ini guna mendukung penanganan Covid-19. [MFA]