Dark/Light Mode

Gelar Vaksinasi, RSUI-Toyota Siapkan 50 Ribu Dosis Vaksin

Jumat, 13 Agustus 2021 20:07 WIB
RSUI dan Toyota gelar vaksinasi. (Foto: ist)
RSUI dan Toyota gelar vaksinasi. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Toyota Indonesia bersama Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) menggelar vaksinasi dengan target 50.000 dosis vaksin. Kegiatan ini diharapkan bisa mempercepat kekebalan kelompok alias herd immunity.

Program vaksinasi Covid-19 yang diberi nama “Sentra Vaksinasi RSUI-TOYOTA Berbagi”. Program ini juga didukung oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Dinas Kesehatan Kota Depok, dan Pemerintah Kota Depok.

Peresmian “Sentra Vaksinasi RSUI-Toyota Berbagi” dilaksanakan secara virtual dan dihadiri oleh Wakil Menteri Kesehatan dr. Dante Saksono Harbuwono, Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah Propinsi Jawa Barat Dr. H. Dudi Sudrajat Abdurachim, Rektor UI Prof. Ari Kuncoro, Wali Kota Depok KH. Muhammad Idris, Kepala Dinas Kesehatan Jawa Barat dr. R. Nina Susana Dewi, Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok, drg. Novarita, Direktur Utama RSUI dr Astuti Giantini.

Sedangkan dari Toyota Indonesia dihadiri antara lain oleh Director PT Toyota-Astra Motor Takeshi Yamakawa, Director PT Toyota-Astra Motor Nini Tjandrasa, serta Director PT Toyota-Motor Manufacturing Indonesia, Bob Azam.

Baca juga : Asyik, Nge-Mall Sambil Divaksin

Sebanyak 50.000 dosis vaksin akan diberikan selama 50 hari mulai 2 Agustus hingga 12 Oktober 2021, setiap hari Senin—Jumat pada pukul 08.00—14.00 dengan target 1.000 dosis vaksin per hari. Pelaksanaan vaksinasi berlangsung secara drive-thru dan walk-in di Gedung RSUI yang berlokasi di Rumah Sakit Universitas Indonesia, Kampus UI, Depok. 

Untuk kelancaran pelaksanaanya, sentra vaksinasi ini dibantu dengan lebih dari 100 relawan (termasuk di dalamnya dokter, perawat, petugas keamanan, dan administrasi). Program ini terbuka bagi seluruh warga negara Indonesia yang memenuhi prasyarat vaksin dan dapat melakukan pendaftaran secara online di situs toyota.astra.co.id/sentravaksinasi.

Penambahan kuota pendaftaran dan informasi jenis vaksin Covid-19 dibuka setiap pekan. Masyarakat yang belum mendapat kuota, agar selalu memantau tautan pendaftaran Sentra Vaksinasi RSUI-TOYOTA Berbagi atau mengikuti media sosial RSUI dan ToyotaID.

Selain bisa mendapatkan vaksin secara gratis, peserta vaksin terdaftar berkesempatan memenangkan hadiah berupa 5 voucher medical check-up paket lengkap di RSUI dengan mengkampanyekan ajakan vaksin. Caranya adalah dengan mengunggah di social media Instagram dan Twitter disertai tagar #RSUITOYOTABerbagi #ToyotaAdaUntukAnda #AyoVaksin.

Baca juga : BIN Siapkan 50 Ribu Vaksin Untuk 14 Provinsi

 Kerja sama penanganan COVID-19 antara Toyota Indonesia dengan RSUI sudah berlangsung sejak awal tahun ini melalui dukungan layanan mobilitas dengan 2 unit KINTO untuk memudahkan aktivitas penanganan pasien dan sarana pendukung di RSUI Depok mulai April 2021-Maret 2022. Selain itu, RSUI merupakan satu dari 6 rumah sakit di 4 provinsi yang menerima bantuan cepat tanggap Toyota Indonesia di bulan Juli berupa tabung oksigen  6m3 berikut isi, portable bed, oximeter, paket APD level 3, serta vitamin.

President Director PT Toyota-Astra Motor, Susumu Matsuda mengatakan, sebagai bagian dari masyarakat, Toyota Indonesia ingin berkolaborasi dengan para mitra dan pemangku kepentingan untuk turut membantu Pemerintah RI dalam percepatan penanganan Covid-19 di Indonesia. Komitmen sejak awal pandemi diwujudkan baik melalui kegiatan preventif maupun kuratif Covid-19 yang berkembang dinamis di masyarakat.

“Kali ini, sebagai kelanjutan dari rangkaian program #ToyotaAdaUntukAnda sejak awal tahun 2020, kami menyelenggarakan “Sentra Vaksinasi RSUI-TOYOTA Berbagi”. Kami berharap, kegiatan ini dapat membantu masyarakat untuk mendapatkan vaksin secara cepat dan mudah, dan kita bersama-sama dapat melakukan percepatan penanganan Covid-19 di Indonesia,” ujar Matsuda. 

Sementara itu, Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto, menyebutkan bahwa Toyota Indonesia secara bertahap telah melaksanakan vaksinasi Covid-19 untuk karyawan beserta keluarganya dan juga masyarakat di lingkungan perusahaan sejak Mei 2021.

Baca juga : KAI Commuter Kembali Gelar Vaksinasi di Tiga Stasiun

“Hal ini kami lakukan sebagai bagian dari sinergi pemerintah dan swasta guna memperluas cakupan dan mempercepat proses vaksinasi nasional, sehingga dapat mendukung terwujudnya kekebalan kelompok pada masyarakat (herd immunity),” kata Henry.[DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.