Dark/Light Mode

Jual Ribuan Mobil Di IIMS, Toyota Dan Mitsubishi Panen

Jumat, 10 Mei 2019 08:10 WIB
Jajaran mobil hybrid di booth Toyota di Telkomsel IIMS 2019. (Foto: Toyota)
Jajaran mobil hybrid di booth Toyota di Telkomsel IIMS 2019. (Foto: Toyota)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Toyota Astra Motor (TAM) dan Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) sedang panen. Kedua produsen mobil itu berhasil menjual ribuan mobil sepanjang pagelaran Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019.

Toyota sendiri berhasil kantongi Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) 3.872 unit. Dan, Toyota Avanza paling banyak dipesan.

Executive General Manager TAM Fransiscus Soerjopranoto mengatakan, jumlah SPK IIMS tahun ini naik 16 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Pada tahun lalu, total SPK yang dikantongi Toyota mencapai 3.328 unit.

"Avanza paling banyak dicari di IIMS," ujarnya kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : Man City vs Spurs, Bukan Misi Balas Dendam

Menurut Soerjo, ada lima model penyumbang SPK. Yaitu Avanza 1.106 unit, Rush 821 unit, Kijang Innova 683 unit, Calya 498 unit, dan Fortuner 258 unit. Sisanya model lain. Salah satunya produk yang baru diluncurkan C-HR Hybrid.

"Nilai total transaksinya mencapai Rp 1,1 triliun. Sementara, pada 2017 sekitar Rp 1 triliun," katanya.

Soerjo mengatakan, pada IIMS tahun ini, Toyota lebih memfokuskan pada produk hybrid technology. Ini sebagai perwujudan kesiapan perseroan sebagai Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) dalam menjawab keinginan pemerintah untuk melakukan elektrifikasi.

“Penyelenggaraan IIMS yang berdekatan dengan lebaran merupakan momen yang tepat untuk perseroan mendapatkan pesanan kendaraan lebih banyak dari biasanya,” katanya.

Baca juga : Menteri Sofyan Manjakan Petani

Mitsubishi sendiri berhasil menjual 3.104 unit sepanjang IIMS. Pencapaian ini melebihi target yang ditetapkan di awal pameran, yaitu 2.710 unit. “Ini juga melampaui pencapaian SPK tahun lalu 2.644 unit,” ujar President Director MMKSI Naoya Nakamura.

Secara rinci, kata dia, pesanan kendaraan didominasi oleh Xpander dengan kontribusi 69 persen, disusul oleh Pajero Sport dengan kontribusi 28 persen, dan 3 persen pemesanan lainnya berasal dari model Triton dan Outlander Sport.

“Capaian ini menjadi semangat bagi kami untuk terus memberikan layanan terbaik kepada pelanggan mulai dari penjualan hingga purna jual,” tukasnya.

Selaku penyelenggara IIMS, Dyandra Promosindo mencatat transaksi penjualan lebih dari Rp 5 triliun. Total transaksi merupakan akumulasi dari total unit kendaraan yang terjual sejumlah 15.928 unit, terdiri dari 13.288 unit kendaraan roda empat dan 2.640 unit kendaraan roda dua.

Baca juga : Jonan Didoakan Dan Diberkati Paus

“Sedangkan industri aftermarket mencetak transaksi senilai Rp 7,7 miliar,” ujar Presiden Direktur Dyandra Promosindo Hendra Noor Saleh. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.