Dark/Light Mode

Berbasis Internet

Teknologi SIM Virtual Dukung Produk GPS

Kamis, 9 Mei 2019 16:50 WIB
GPS E Sim. (Istimewa)
GPS E Sim. (Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Teknologi electronic Subscriber Identity Module (eSIM) yang berbasis Internet of Things (IoT) sudah mulai diterapkan di Indonesia. Teknologi e-SIM disematkan pada sebuah platform aplikasi Global Positioning System (GPS) yang diusung oleh PT Superspring. Produk GPS anyar tersebut dinamakan GPS Tracker entry level VT-20.

Chief of Media and Brand Activation PT Superspring, Ade Habibie menjelaskan, platform dalam aplikasi GPS Tracker entry level VT-20 adalah yang pertama menggunakan teknologi e-SIM. GPS berteknologi e-SIM memanfaatkan teknologi Internet of Things (IoT) yang bisa dikontrol atau dikendalikan memakai remote jarak jauh.

Baca juga : Per Minggu, PJB Hemat Puluhan Juta Rupiah

“GPS Tracker VT-20 merupakan sebuah GPS Tracker entry level terbaru. Nantinya konsumen bisa mengupgrade ke tipe yang lebih advance jika membutuhkan teknologi yang lebih baik,” katanya dalam siaran pers yang diterima Rakyat Merdeka, kemarin.

Bagi dunia bisnis, tentu fitur yang memakai e-SIM akan sangat berpengaruh pada minimnya biaya produksi dan kemudahan pada masa yang akan datang. Dijelaskan, teknologi eSIM ini diterapkan pada smartphone yang sangat anyar seperti iPhone XS. Itupun diterapkan di luar negeri belum diterapkan di Indonesia.

Baca juga : Asprov PSSI DIY Dukung Kerja KPSN

Sepintas e-SIM ini serupa dengan sistem inject kartu SIM yang sempat marak beberapa tahun lalu. Perbedaannya, sistem inject kartu SIM dilakukan secara permanen untuk satu operator seluler sedangkan pengguna e-SIM masih bisa berganti-ganti nomor dari satu operator ke operator lainnya. Sesuai namanya, e-SIM alias electronic SIM tak memiliki wujud fisik seperti kartu pada umumnya. E-SIM berupa modul yang terintegrasi dan melekat di dalam ponsel dan tak bisa dilepas pasang sembarangan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.