Dark/Light Mode

Leading Digital, Ini Dampak Positif Penerapan Teknologi Di Bandara AP II

Minggu, 29 Agustus 2021 13:37 WIB
Calon penumpang menggunakan aplikasi PeduliLindungi di bandara AP II. (Foto: Dok. AP II)
Calon penumpang menggunakan aplikasi PeduliLindungi di bandara AP II. (Foto: Dok. AP II)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Angkasa Pura II (Persero) [AP II] secara berkelanjutan mengimplementasikan teknologi untuk mendukung aspek operasional, pelayanan, keamanan, dan keselamatan di seluruh bandara yang dikelolanya. Implementasi teknologi sejalan dengan transformasi digital dengan konsep New Experience Through (X) Technology Airport 4.0 atau disebut dengan NEXT Airport 4.0.

President Director of AP II Muhammad Awaluddin mengatakan, bandara berkonsep NEXT Airport 4.0 adalah bandara masa depan yang selalu mengikuti perkembangan dan mengadopsi teknologi terkini (advance technology).

“Implementasi digitalisasi di bandara-bandara AP II saat ini sudah sekitar 50-60 persen untuk aspek pelayanan dan operasional. Prosentase ini akan semakin meningkat cepat karena kini AP II telah memiliki sumber daya dan infrastruktur digital yang mendukung,” ungkap Muhammad Awaluddin, dalam keterangan yang diterima RM.id, Minggu (29/8).

Sejalan dengan tranformasi digital, AP II mengembangkan satu model yakni Digitally Ready for Operational and Infostructure Development (DROID) Model sebagai tulang punggung penerapan NEXT Airport 4.0. Melalui DROID Model, AP II memperkenalkan tiga platform mobile, yaitu aplikasi travelin untuk layanan kepada penumpang (customer experience/CX), aplikasi iPerform untuk operasional (operational excellent/OX), dan Pocket Airport Collaborative Decision Making (ACDM) sebagai aplikasi untuk kolaborasi antar stakeholder bandara (ecosystem exploration/EX).

Dampak positif dari penerapan ketiga  platform tersebut, di antaranya:

1. Travelin (customer experience/CX)
- Aplikasi travelin berkontribusi dalam naiknya kepuasan pelanggan/traveler berdasarkan Airport Service Quality Survey (ASQ Survey) yang digelar Airport Council International (ACI).

Rata-rata Nilai ASQ Survey di bandara AP II pada 2016 tercatat 4.00 dari skala 5; kemudian 2017 naik ke 4.68, lalu 2018 ke 4.76, kembali naik pada 2019 ke 4.87, dan tertinggi pada 2020 yakni 4.90. Bahkan, nilai ASQ Survey Bandara Soekarno-Hatta pada 2020 nyaris sempurna ada pada 4.98 dari skala 5.

- travelin mampu mendigitalisasi layanan tes COVID-19 di bandara-bandara AP II (Airport Health Center) khususnya untuk pemesanan layanan test secara digital.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Live KPU