Dark/Light Mode

Lestarikan Budaya Di Era Pandemi, Pekerja Seni Bisa Manfaatkan Teknologi Digital

Sabtu, 14 Agustus 2021 19:55 WIB
Webinar bertajuk Fungsi Komunikasi dalam Meningkatkan Nasionalisme Generasi Muda Melalui Program Budaya, Sabtu (14/8). (Foto: Zoom)
Webinar bertajuk Fungsi Komunikasi dalam Meningkatkan Nasionalisme Generasi Muda Melalui Program Budaya, Sabtu (14/8). (Foto: Zoom)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia, menyebabkan mobilitas masyarakat menjadi sangat terbatas, demi mengurangi laju penularan. Keterbatasan tersebut menjadi salah satu tantangan tersendiri bagi sektor budaya, khususnya seni pertunjukan.

Misi melestarikan budaya Indonesia dan mengenalkannya kepada generasi muda di masa pandemi ini membutuhkan strategi komunikasi yang tepat.

Baca juga : Lestari: Tekan Angka Kematian, Perkuat Solidaritas Antar Warga

Pengamat komunikasi sekaligus dosen Magister Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana Ira Purwitasari menyatakan, pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi menjadi hal yang tak bisa dipisahkan pada masa pandemi.

Teknologi mempunyai peran yang sangat penting bagi para kreator seni untuk tetap berkarya dan mendistribusikannya.

Baca juga : Kasus Corona Turun, Polri Puji Masyarakat Yang Mulai Disiplin

"Untuk itu, penting bagi pekerja seni mempunyai literasi digital yang baik. Proses kreatif dan produksi karya seni di era digital menjadi sangat menarik bila dieksplor dengan baik," ujar Ira, dalam webinar bertajuk "Fungsi Komunikasi dalam Meningkatkan Nasionalisme Generasi Muda Melalui Program Budaya", Sabtu (14/8).

Dia menambahkan, upaya untuk mengembangkan kreativitas dan menciptakan karya yang dikembangkan di media digital bisa menjadi solusi dan cara yang efektif untuk mengenalkan budaya kepada generasi muda di masa pandemi ini.

Baca juga : Partai Bintang Mercy Gelar Bulan Bakti

Yang juga tak kalah penting, lanjut Ira, adalah kolaborasi para kreator seni. Dalam kesempatan yang sama, pelaku seni dan Direktur Swargaloka, Suryandoro menyebutkan Indonesia adalah negeri pejuang.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.