Dark/Light Mode

BGR Logistic Hadirkan Fitur Baru Pada Aplikasi Warung Pangan

Kamis, 2 September 2021 20:56 WIB
Aplikasi Warung Pangan. (Foto: ist)
Aplikasi Warung Pangan. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) atau BGR Logistics menghadirkan fitur baru pada aplikasi Warung Pangan (WP), yakni WP Suplier. Fitur ini untuk menjamin ketersediaan pasokan produk pangan bagi masyarakat.  

Direktur Utama BGR Logistics, M Kuncoro Wibowo mengatakan, aplikasi ini tidak hanya memudahkan masyarakat membeli kebutuhan pokok pangan secara digital, tetapi juga memotong biaya logistik. Sebab, produk pangan yang ada di aplikasi Warung Pangan ini berasal dari daerah pemasok dan di jual di daerah itu sendiri. 

"Sehingga, dapat memotong biaya logistik yang selalu menjadi kendala selama ini," ujarnya, Kamis (2/9).

Karenanya, perseroan menambah fitur barunya, yakni WP Supplier untuk para pemasok agar dapat menjual produk pangannya melalui aplikasi Warung Pangan. Selain itu, WP Supplier dibentuk sebagai salah satu fitur pendukung guna mendukung ketahanan pangan nasional bersama dengan seluruh pemasok untuk penyerapan produk pangan dan sembako yang lebih optimal. 

Baca juga : Legislator Geram, Banyak Halte Angkutan Di Bandung Mangkrak

“Fitur WP Supplier ini berbasis web-based, dapat digunakan oleh perorangan atau pengusaha kecil menengah yang ingin memasok produk pangannya," katanya. 

Saat ini, Warung Pangan hadir di tujuh kota besar yaitu Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Solo, Semarang, Surabaya dan Pangkal Pinang, dengan lebih dari 44.000 mitra warung yang terdaftar.

Dengan hadirnya fitur ini, Tanihub, sebagai salah satu aplikasi e-commerce yang menjual hasil pertanian siap mensuplai produk pertanian yang masih fresh di Warung Pangan.

Chief Operating Officer (COO) TaniHub, Sariyo memastikan, semua pihak di TaniHub bakal terlibat dalam kerja sama yang terjalin antara Warung Pangan dan TaniHub. Sebab, dampak yang diberikan tidak hanya ke petani saja tetapi juga menyasar para pelaku UMKM. 

Baca juga : Presiden Dan Ketum Kadin Tinjau Vaksinasi Kolaborasi Kebangsaan

“Jadi, banyak yang akan bisa dikembangkan mulai dari saling suplai, saling jualan, itu paling cepat terjadi," akunya. 

Sejauh ini, Warung Pangan dan TaniHub sudah menjalin kerja sama dalam pendistribusian buah-buahan ke tenaga kesehatan di Rumah Sakit BUMN dan selanjutnya akan disinergikan terkait logistik pangan dari hulu ke hilir. 

Direktur Komersial PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI), Frans Marganda Tambunan turut mengapresiasi, usaha dari BGR Logistics untuk pencapaian aplikasi Warung Pangan selama setahun ini, tepatnya resmi dilaunching pada 12 Agustus 2020.

Mengingat, aplikasi mobile Warung Pangan didukung oleh BUMN Klaster Pangan yang diketuai oleh RNI sebagai induk holding dengan anggotanya yakni PT Pertani, PT Sang Hyang Seri (SHS), PT Garam, Berdikari, PT Perinus, PT Perindo, dan PT PPI. Serta, beberapa BUMN lain seperti Bulog dan PT Perkebunan Nusantara. 

Baca juga : Shin Tae-yong Pastikan Skuad Garuda Lolos Di Kualifikasi Piala Asia

“Bagi Klaster Pangan, aplikasi Warung Pangan ini melengkapi sinergitas dari hulu sampai ke hilir, dan dapat menjadi kontrol bagi Pemerintah dalam upaya stabilisasi stok kesediaan bahan pangan di Indonesia," pungkasnya. [IMA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.