Dark/Light Mode

Investor Di KEK Kendal Bakal Dapat Tax Holiday 

Jumat, 3 September 2021 14:18 WIB
KEK Kendal. (Foto: ist)
KEK Kendal. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bupati Kendal, Dico M Ganinduto mengapresiasi para investor yang sudah menanamkan modalnya du Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kendal. Dia menjanjikan kemudahan bagi para investor untuk melakukan investasi di KEK Kendal.

Menurut dia, Pemerintah Kabupaten Kendal akan memperjuangkan harapan para investor agar tax allowance dan tax holiday bisa segera terealisasikan oleh BKPM. 

“Dalam visi misi pemerintahan saya, saya ingin menciptakan kemudahan berinvestasi dan iklim investasi yang aman serta nyaman di Kabupaten Kendal,” ujar Dico saat menyaksikan penandatanganan kemitraan antara pelaku usaha di KEK Kendal dan UMKM di Kantor Bupati Kabupaten Kendal, Rabu (1/9) lalu.

Acara penandatanganan juga disaksikan Kepala Administrator KEK Kendal, Anang Widiasmoro. Dalam penandatanganan tersebut, terdapat delapan pelaku usaha yang berpartisipasi, yaitu PT Kawasan Industri Kendal selaku badan usaha pengembang dari KEK Kendal, dan 7 pelaku usaha lainnya yang tergabung dalam KEK Kendal. 

Baca juga : Semester I, KPK Selamatkan Duit Negara Rp 22 Triliun

Di antaranya PT Master Kidz Indonesia, PT Eclat Textile International, PT Global Textile Indonesia, PT Sinar Harapan Plastik, PT Auri Steel Metalindo, PT Maju Bersama Gemilang, dan PT Borine Technology Indonesia. Perusahaan tersebut berasal dari beberapa negara yaitu Indonesia, Singapura, Hong Kong, China dan Taiwan.

Dico mengatakan, bagi para pelaku usaha yang telah melakukan penandatanganan pada hari ini dan berkasnya sudah lengkap, akan dibantu untuk segera merealisasikan tax allowance dan tax holiday. Ini menjadi pertama kalinya bahwa tax allowance dan tax holiday dapat diterima oleh pelaku usaha meskipun masih dalam proses konstruksi.

Harapan agar tax allowance dan tax holiday segera terealisasi juga disampaikan oleh Andy Chan, Presiden Direktur PT Master Kidz Indonesia. 

Menurutnya, tax holiday adalah salah satu faktor mereka tertarik untuk berinvestasi di KEK Kendal, oleh karena itu pihaknya berharap tax allowance dan tax holiday dapat segera terselesaikan. 

Baca juga : Anies: DKI Nggak Pernah Ngakalin Data Kematian

Harapan yang sama juga disampaikan oleh Direktur Utama PT Auri Steel Metalindo, Auripallas Pramana. Menurut dia, bagi perusahaan industri baja dan galvalum sangat berharap tax holiday dapat segera kami nikmati. 

Menjawab harapan dari para pelaku usaha mengenai realisasi tax holiday, Dico mengungkapkan, dirinya mendapat perintah langsung dari Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, yaitu bagi pelaku usaha di KEK Kendal yang administrasinya yang sudah lengkap, bisa langsung dikeluarkan tax holiday-nya.  

“Selanjutnya saya akan segera berkoordinasi dengan Menteri Investasi dalam waktu dekat bisa saya realisasikan. Insyaallah nanti Pak Menteri Investasi akan hadir langsung ke sini untuk membagikannya,” kata Dico.

KEK Kendal yang berbasis kawasan industri, diresmikan Presiden Jokowi dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong pada 2016 ini. Presiden berpesan kehadiran Kawasan Industri Kendal (KIK) harus dapat memberikan kesejahteraan rakyat dan mendukung pembangunan daerah.

Baca juga : Anies Apresiasi Peran Bank DKI Dalam Tangani Covid-19

Didik Purbadi selaku Direktur KIK mengatakan, KIK sebagai Proyek Strategis nasional dikembangkan sebesar 2200 Ha, serta sebagai joint venture antara PT Jababeka Tbk (KIJA) dan Sembcorp Singapura berkomitmen untuk terus mendukung program pemerintah. Kemitraan dengan UMKM ini menjadi salah satu wujud keberadaan industri bersinergi dengan UMKM dalam kemajuan Kabupaten Kendal. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.