Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gibran Dorong Pedagang-Pembeli Pasar Tradisional Solo Transaksi Pakai QRIS

Jumat, 3 September 2021 22:41 WIB
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menjajal berbelanja pakai aplikasi QRIS di Pasar Gede Harjonagoro, Solo, Jumat (3/9). (Foto: Pemkot Solo)
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menjajal berbelanja pakai aplikasi QRIS di Pasar Gede Harjonagoro, Solo, Jumat (3/9). (Foto: Pemkot Solo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka meluncurkan sistem pembayaran cashless payment ADIPATI QRIS dan Pojok Informasi Solo Great Sale (SGS) 2021, di Pasar Gede Harjonagoro, Solo, Jumat (3/9). Peluncuran ini dihadiri juga Wakil Wali Kota Teguh Prakosa, Kepala Dinas Perdagangan Pemkot Solo Heru, Ketua Kadin Solo Gareng S Haryanto, Perwakilan Bank Indonesia Solo Nugroho Joko Prastowo, dan Ketua Panitia SGS 2021 Farid Sunarto.

Dalam rangka menyambut Solo Great Sale 2021, Gibran mengajak para pedagang dan para pembeli melakukan digitalisasi. Putra sulung Presiden Jokowi ini mendorong pedagang dan warga Solo melakukan transaksi secara cashless atau non tunai lewat aplikasi QRIS .

Baca juga : Golkar Dorong Seluruh DPD Bantu Pemerintah Buka Sentra Vaksinasi

“Pembayaran non tunai QRIS ini merupakan salah satu upaya pemulihan ekonomi. Dengan adanya transaksi cashless, kita bisa mempermudah jual beli, memberikan rasa aman pada pembeli, memberikan kemudahan,” katanya, seperti dikutip surakarta.go.id.

Gibran menegaskan, transaksi dengan QRIS lebih efektif. Pembeli tidak perlu bawa dompet ke pasar. Dengan pembayaran, penyebaran Covid-19 melalui uang pun bisa dihindari. “Di tengah pandemi ini, kita ingin bener-bener mengurangi pembayaran yang menggunakan uang tunai atau contactless payment,” ucapnya.

Baca juga : Airlangga Dorong Pemulihan Ekonomi Berbasis Riset Dan Inovasi

Kakak kandung Kaesang Pangarep ini menerangkan, sudah 44 pasar dilengkapi boot informasi dan pembayaran QRIS dengan penggunaan yang sangat mudah. “Tinggal scan, dan sorenya langsung cair. Para pedagang tidak perlu takut, sorenya langsung masuk rekening. Tidak ada delay, pembayaran langsung diterima,” jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, Gibran juga mencoba membeli bahan makanan di Pasar Gede dengan menggunakan aplikasi QRIS. Transaksi berjalan cepat serta lancar. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.