Dewan Pers

Dark/Light Mode

Perkuat Bisnis Di Kancah Global

Anak Usaha Pertamina Gandeng Perusahaan Swiss

Senin, 6 September 2021 19:51 WIB
Ilustrasi (Foto: Ist)
Ilustrasi (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Untuk memperkuat eksistensi perusahaan untuk go global, PT Pertamina International Shipping (PIS) mengembangkan bisnisnya di regional Asia dengan berkolaborasi dengan Trafigura Group Pte Ltd, perusahaan multinational commodity trading yang berpusat di Geneva, Swiss.

Direktur Utama PIS Erry Widiastono menyampaikan, kerja sama itu diwujudkan melalui penyewaan armada milik PIS, yakni MT Gamsunoro, secara time charter. MT Gamsunoro sendiri merupakan kapal berjenis Dirty Petroleum Product (DPP) Aframax Tanker dengan bobot mati 105,638 MT yang dibangun pada 2014.

Berita Terkait : Dua Mantan Anak Buah Juliari Hadapi Sidang Putusan Kasus Suap Bansos

"PIS saat ini terus mendorong terjadinya kerja sama dengan perusahaan multinasional khususnya di regional Asia dalam rangka memperkuat bisnis (global)," ungkapnya dalam keterangan resmi, Senin (6/9).

Delivery kapal MT Gamsunoro kepada Trafigura dilakukan pada 15 Agustus 2021 di Singapura dengan rencana trading area Arabian Gulf hingga East Asia. Sebagai salah satu perusahaan comodity trading besar di dunia, Trafigura dikatakan menerapkan standar keselamatan yang ketat seperti kewajiban kapal untuk dapat memenuhi standar ShipInspection Report Programme (SIRE).

Berita Terkait : Pertani Bidik Potensi Pendapatan Rp 504 M

"MT Gamsunoro dapat memenuhi persyaratan tersebut melalui inspeksi yang dilakukan pada 14 Juli 2021” ucap Arief Kurnia Risdianto selaku Direktur Operasi PT Pertamina International Shipping.

Inspeksi SIRE ini, lanjutnya, dilakukan untuk meninjau sistem kargo kapal, ruang mesin, peralatan navigasi, sistem pemadam kebakaran dan peralatan keselamatan yang dilakukan oleh tenaga ahli bersertifikat khusus.

Berita Terkait : Pejabat Pajak Angin Difasilitasin Hotel Mewah Saat Periksa Pajak Perusahaan

Terbitnya SIRE approval dinilai sebagai bentuk kualitas kapal MT Gamsunoro terhadap standar dan requirement  yang berlaku di industri shipping internasional.

PIS menjelaskan, MT Gamsunoro sendiri merupakan salah satu kapal yang dikomersialisasikan untuk melakukan penetrasi ke pasar-pasar internasional. Sebelum menjalani bisnis dengan Trafigura, MT Gamsunoro disebut telah menjalin bisnis dengan charter internasional lainnya dalam bentuk sewa kapal secara time charter selama empat bulan dengan trading area Arabian Gulf hingga Jepang. [EFI]