Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Cegah Varian Mu Masuk, Menhub Perketat Rute Internasional

Selasa, 7 September 2021 11:46 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi. (Foto: Antara)
Menhub Budi Karya Sumadi. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperketat rute internasional untuk mencegah masuknya Covid-19 varian Mu ke Indonesia.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi meminta, jajarannya untuk melakukan konsolidasi internal dan melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk mencegah varian Mu. Di antaranya Kementerian Luar Negeri, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kementerian Kesehatan, Satgas Penanganan Covid-19, Direktorat Jenderal Imigrasi, dan pihak terkait lainnya. 

“Sesuai arahan bapak Presiden Joko Widodo yang memerintahkan kepada kami untuk mencegah masuknya varian baru Covid-19 ke Indonesia, kami segera menyiapkan langkah-langkah untuk mengantispasinya,” katanya, Selasa (7/9). 

Baca juga : Pemerintah Dorong Koperasi Dan UMKM Masuk Rantai Pasok Global

BKS-sapaan akrab Budi Karya Sumadi-mengungkapkan, untuk mencegah masuknya varian Mu ke Indonesia, salah satunya perlu dilakukan pengendalian di simpul-simpul transportasi yang melayani rute-rute internasional, yakni di bandara internasional maupun pelabuhan internasional. 

“Kami segera menggelar pertemuan untuk berkoodinasi dengan pihak-pihak terkait, seperti dengan Kemlu, KKP, Satgas Penanganan Covid-19, dan Ditjen Imigrasi, untuk menentukan langkah-langkah pengendalian yang diperlukan, dalam rangka mencegah masuknya varian baru Covid-19,” ujarnya. 

Kemenhub juga akan melakukan koordinasi dengan TNI dan Polri untuk melakukan penjagaan, serta meminta pendapat para ahli epidemiologi, dan mencari informasi tentang pengalaman negara lain. 

Baca juga : Rumah Perdamaian SKSG UI: PON Papua Perekat Solidaritas Nasional

Tak ketinggalan, eks Dirut Angkasa Pura ll ini mengaku akan berkoordinasi dengan operator sarana dan prasarana transportasi agar tetap konsisten menjalankan protokol kesehatan serta meningkatkan kewaspadaan terhadap adanya varian baru Covid-19. 

Sebelumnya, Presiden Jokowi meminta, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi untuk mewaspadai Covid-19 varian Mu agar tidak meningkatkan tingkat pandemi di Tanah Air. 

“Saya juga ingin perhatian dengan perhubungan. Mungkin Pak Menteri Perhubungan, yang berkaitan dengan varian baru, varian Mu, agar betul-betul kita lebih waspada dan detil, jangan sampai ini merusak capaian yang kita lakukan,” katanya. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.